Satu Rumah Tertimbun Longsor

Satu Rumah Tertimbun Longsor

radartasik.com, CIAMIS - Empat rumah di Dusun Cogreg dan Legok Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan terdampak longsor yang mengakibatkan kerusakan, Selasa (30/11/2021) sore. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa , pemilik rumah hanya mengalami kerugian materi. Longsor juga berdampk terhadap jalan penghubung Desa Indragiri dan Mekarbuana sepanjang 10 meter dan lebar 3 meter.


Bagian Ekbang Desa Mekarbuana Anda Lesmana mengatakan, dari empat rumah yang terkena dampak, satu di antaranya sampai tertimbun dan mengakibatkan ambruk. Kemudian ada satu rumah yang statusnya terancam, karena kondisi tebing di depan rumah tersebut terbawa longsor. “Sekarang pemilik rumah yang tertimbun mengungsi ke rumah saudaranya,” ujar dia kepada Radar, Rabu (1/12/20221).

Lanjut dia, kronologis terjadinya longsor diawali dengan curah hujan yang tinggi dari pukul 14.00 sampai sore. Kemudian, mengakibatkan tanah di sekitar lokasi kejadian semakin labil dan langsung longsor. “Memang curah hujan tinggi ini harus diwaspadai, apalagi daerah yang rawan bencana. Kami selalu imbau masyarakat untuk selalu meninhkatkan kewaspadaan,” kata dia, menjelaskan.

Selain longsor menimpa rumah, kata dia, longsor juga berdampak terhadap jalan penghubung desa di Dusun Legok. Akibatnya, akses jalan tersebut untuk sementara tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. “Untuk sementara jalan tersebut kami tutup dulu untuk mobil,” ucap dia, menambahkan.

Kata dia, usai kejadian ini semua warga kompak gotong royong mengevakuasi dan membersihkan material longsor. “Alhamdulillah juga sudah ada dari BPBD yang turun, termasuk memberikan bantuan kepada korban bencana longsor tersebut,” kata dia, menjelaskan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat menjelaskan, pihaknya sudah menurunkan personel untuk membantu evakuasi material longsor yang menimpa rumah warga, kemudian melakukan asesmen di lokasi terkait bencsna tersebut. “Saat ini curah hujan cukup tinggi, jadi masyarakat harus ekstra waspada, apalagi di lokasi yang rawan bencana,” ucap dia.

Apalagi, kata dia, saat ini sedang mewaspadai bencana hidrometeorologi yang bisa menyebabkan kepada tanah longsor, pergerakan tanah, banjir dan bencana lainnya. Maka dari itu, penting sekali masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: