4 Rumah dan Jalan Tertutupi Longsor

4 Rumah dan Jalan Tertutupi Longsor

Radartasik.com, CIAMIS — Bencana alam menerjang Dusun Cogreg dan Dusun Legok di Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis pada Selasa (30/11) petang. Empat rumah dikabarkan mengalami kerusakan, dan satu diantaranya hancur akibat terkubur.  

Bencana alam tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Hanya saja jalan penghubung di desa tersebut juga sempat tertutupi longsor, tepatnya di Dusun Legok 2  Desa Indragiri Kecamatan Panawangan dengan Panjang sekitar 10 meter dan lebar 3 meter. 

Ekbang Desa Mekarbuana Anda Lesmana menyebutkan, kerusakan keempat rumah itu beragam. Satu rumah ambruk tertutup tanah. “Ada yang bagian dapurnya ambruk, bahkan ada yang terancam terbawa longsor karena tebingnya longsor. Jadi hanya satu rumah saja yang parah dan sekarang mengungsi di rumah saudaranya," jelasnya.

Kata  Anda, longsor terjadi setelah hujan mengguyur sejak pukul 14.00 hingga petang hari. "Kami mengimbau masyarakat Desa Mekarbuana untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat curah hujan cukup tinggi," paparnya.

Anda menggambarkan, Desa Mekarbuana memiliki wilayah retakan tanah, sehingga rentan terjadi pergerakan atau longsoran. "Karena lokasi kami ini kebanyakan perbukitan, intinya harus waspada. Terutama untuk rumah yang berada di perbukitan, " jelasnya.

Kini warga dan aparat setempat sudah melaksanakan gotong-royong mengevakuasi material longsor serta puing-puing rumah.  BPBD juga sudah meninjau ke lokasi dan memberikan bantuan logistik. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: