Kapolda Tegaskan Tidak Ada Kegiatan Reuni 212 di Masjid Az Zikra Sentul

Kapolda Tegaskan Tidak Ada Kegiatan Reuni 212 di Masjid Az Zikra Sentul

Radartasik.com, CIREBON — Kapolda Jabar Irjen Suntana menegaskan bahwa tidak ada kegiatan Reuni 212 di masjid maupun Ponpes Azzikra Sentul City Kabupaten Bogor pada tanggal 2 Desember 2021. Pasalnya pihak pengelola ataupun Pondok Pesantren (Ponpes) Azzikra menolak atas pengunaan kedua fasilitas keagamaan tersebut.

“Barusan saya dapat informasi, teman-teman di Azzikra juga menolak tempatnya digunakan berkumpul untuk kegiatan itu (Reuni 212,red),” ujar Kapolda Jabar Irjen Sutana, saat ditemui di sela-sela HUT Polairud Polda Jabar di Kota Cirebon, Rabu (01/12/2021).

Kapolda mengakui bahwa panitia Reuni 212 sempat mengajukan perizinan pelaksaan kegiatan tersebut. Hanya saja, berdasarkan informasi yang dia terima, Ponpes Azzikra menolak menjadi tuan rumah.

“Jadi tidak ada kegiatan itu di Azzikra. Tapi kami tetap mengantisipasi, menjaga kegiatan masyarakat apapun,” tandasnya.

Adanya penolakan pihak Az Zikra atas kegiatan Reuni 212 di area Masjid Az Zikra, Sentul Kabupaten Bogor, pada Kamis (02/12/2021) diketahui dari surat yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan Az Zikra, H Khotib Kholil pada Rabu (01/12/2021) ini.

Melalui surat bernomor 112/YAZ/SK/XII/2021 yang ditujukan kepada ketua panitia penyelenggara Reuni Akbar 212, H Eka Jaya, pihak Yayasan Az Zikra menyatakan penolakan atas penggunaan area Masjid Az Zikra sebagai lokasi Reuni Akbar 212, karena sejumlah alasan. 

“Atas permintaan dari keluarga (Ummi Yuni Al Waly) ibunda dari almarhum Muhammad Ameer Azzikra, serta hasil musyawarah bersama antara Dewan Syariah, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas Yayasan Az Zikra, maka diputuskan untuk sementara waktu Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh pihak eksternal,” kata Khotib Kholil.

Atas keputusan pihak Yayasan Az Zikra tersebut, lanjut Khotib Kholil, pihak Panitia Reuni Akbar 212 menerimanya.

“Kita bukan tidak ingin, tapi menghargai murobbi yang berduka. Kita juga sudah bicara dengan panitianya, mereka menerima dan mencari alternatif tempat lain,” katanya. .

Seperti diketahui, informasi mengenai pemindahan lokasi Reuni 212 di Ponpes Azzikra mengemuka pasca pertemuan panitia dengan Pemprov DKI Jakarta. Dalam pertemuan itu, disampaikan bahwa kegiatan 212 akan dialihkan ke Masjid Azzikra di Kabupaten Bogor. ((rdh/jpc/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: