Hati-hati, Belum Vaksinasi Tak Bisa Melintas ke Ciamis

Hati-hati, Belum Vaksinasi Tak Bisa Melintas ke Ciamis

radartasik.com, Ciamis - Menjelang natal dan tahun baru (Nataru), Polres Ciamis Polda Jabar memeriksa kendaraan yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Ciamis dan Pangandaran. Seperti yang dilaksanakan di Perbatasan Ciamis-Tasikmalaya di Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/11/2021).

Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi, S.I.K., M.Sc.Eng., mengatakan, kegiatan check point dilakukan sesuai Inmendagri No.52 tentang Pendirian Pos-pos Check Point Jelang Natal dan Tahun Baru. Tujuan utamanya yaitu mengedukasi masyarakat mengenai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Tujuan utama adalah edukasi, memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya peduli terhadap kesehatan. Kita masih dalam masa pandemi, kita berharap tahun baru nanti tidak terjadi gelombang lonjakan ketiga," kata Kapolres di sela-sela kegiatan pengecekan di Pos Check Point Cihaurbeuti.

Kapolres menjelaskan, syarat perjalanan darat selama natal dan tahun baru salah satunya baik pengendara atau penumpang sudah mengikuti vaksinasi. Minimal sudah vaksin Covid-19 dosis pertama. Bagi yang belum vaksin terpaksa diputarbalikan kembali atau tidak boleh melintas masuk.

"Mulai awal Desember nanti kita akan sediakan gerai vaksin di setiap pos check point. Sehingga bagi yang belum divaksin bisa vaksinasi dulu," katanya.

Kapolres menuturkan, selama nataru memploting lima titik pos check point pemeriksaan perjalanan darat. Salah satunya di Perbatasan Cihaurbeuti Ciamis-Tasikmalaya.

"Di wilayah hukum Polres Ciamis kami menyiapkan lima titik pos check point. Di antaranya Perbatasan Cihaurbeuti, Jembatan Timbangan Ciamis, Perbatasan Banjar, Kalipucang, dan Pintu Masuk Wisata Pantai Pangandaran. Pengecekan ini akan kita lakukan setiap hari sampai dengan satu pekan setalah Tahun Baru," pungkasnya.

Kapolres mengimbau masyarakat, menjelang nataru ini untuk tidak melakukan perjalanan, dan lebih baik di rumah saja. "Kalau memang tidak perlu melakukan perjalanan, kita sarankan untuk tetap di rumah. Kita masih masa pandemi," ucap kapolres. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: