Petugas BNN Lepaskan Belasan Tembakan, Hadang Mobil Kurir Narkoba yang Hendak Kabur

Petugas BNN Lepaskan Belasan Tembakan, Hadang Mobil Kurir Narkoba yang Hendak Kabur

Radartasik.com, JAMBI — Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi berhasil menangkap kurir narkoba bernama Beni Haryanto. Tersangka ditangkap di jalan Lintas Timur Sumatera pada Minggu (28/11/2021) lalu saat mengendarai mobil Pajero. 

Tak lama kemudian petugas BNNP Jambi pun berhasil meringkus seorang bos atau bandar bernama Jon Kuswadi alias Wadi.

Kabid Berantas BNNP Jambi Guntur Ario Tejo mengatakan kedua tersangka merupakan jaringan pengedar narkoba antarprovinsi yang ditangkap beserta barang bukti 2 kilogram sabu-sabu dan 100 butir pil ekstasi.

“Petugas sempat menutup jalan menggunakan truk dan mengeluarkan belasan tembakan peringatan kepada pelaku yang mencoba melarikan diri, putar balik ke arah Pekanbaru, Riau,” kata Guntur Ario Tejo, dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Guntur menjelaskan penangkapan Beni dilakukan petugas di perbatasan Jambi-Riau, daerah Suban, Tungkal Ulu, Minggu. Sementara Wadi diringkus di lokasi berbeda.

Keduanya ditangkap setelah petugas BNN melakukan pemantauan sejak Sabtu (27/11/2021). Penangkapan Beni dilakukan tak jauh dari Pos PJR Unit VI Ditlantas Polda Jambi, pada pukul 01.37 WIB.

Saat itu, Beni bersama satu orang rekannya melaju dari arah Pekanbaru menuju Jambi dengan mengendarai mobil Pajero Sport.

Ketika itu, laju kendaraan Beni dihadang petugas menggunakan truk yang langsung diparkir melintang di badan jalan, tepat di depan Pos PJR. Petugas BNNP Jambi juga dibantu oleh personel PJR Polda Jambi.

Saat penghadangan itu, Beni langsung memutar kemudi dan memacu kendaraannya ke kawasan perumahan warga. Namun, mobil Pajero itu berhasil dihadang untuk kedua kalinya dan kurir narkoba tersebut ditangkap tanpa perlawanan berarti.

Dari pengakuan Beni, petugas BNN langsung bergerak menuju sebuah barak tempat Wadi menunggu Beni mengantarkan barang haram itu, di wilayah Merlung yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi penangkapan kurir.

Sesampainya di lokasi, petugas BNN langsung meringkus Jon Kuswadi alias Wadi bersama empat orang lainnya yang diduga sebagai anak buah dari bandar narkoba itu.

Di barak itu milik Wadi, tim BNNP Jambi mengamankan sejumlah timbangan digital dan timbangan manual. “Jadi, kami mengamankan kurir dan bandar, di mana diketahui barang tersebut dijemput dari wilayah Pekanbaru,” ucap Guntur Aryo Tejo yang memimpin langsung operasi penangkapan itu. (antara/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: