Jelang Tahun Baru, PPKM Level 3 Diterapkan di Ciamis

Jelang Tahun Baru, PPKM Level 3 Diterapkan di Ciamis

radartasik.com, CIAMIS - Pemkab Ciamis menggelar rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Kamis (25/11/2021). Rapat tersebut diikuti seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD), camat dan unsur lainnya. 


Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya mengatakan, capaian vaksinasi dosis 1 Kabupaten Ciamis per 23 November 2021 mencapai 59,65 persen dan dosis 2 baru 29,53 persen.

“Kita targetkan akhir Desember vaksinasi mencapai 70 persen. Upaya kami mempercepat vaksinasi, salah satunya dengan door to door kepada masyarakat agar capaian vaksinasi meningkat,” ujar dia, menjelaskan. 

Menurut Herdiat, masalah vaksinasi masih banyak desa yang jauh dari standar, sehingga perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat secara masif.

“Perhatikan langkah mendorong masyarakat untuk mengajak vaksinasi. Lakukan dengan pendekatan yang baik,” kata dia, menambahkan.

Kemudian, lanjut dia, dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengikuti keputusan pemerintah pusat. Di antaranya menerapkan PPKM Level 3. “Tanggal 24 Desember 2021-2 Januari 2022 seluruh Kabupaten Kota di Indonesia akan diberlakukan kembali PPKM Level 3,” jelasnya.

Kebijakan itu, kata dia, berkaca dari situasi nataru tahun 2020, di Kabupaten Ciamis cenderung sepi. Hanya arus lalu lintas yang meningkat. “Intinya upaya menghindari terjadinya gelombang ketiga Covid-19, kita akan memperketat penerapan prokes di tempat wisata di Kabupaten Ciamis,” ujar dia, menjelaskan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo mengatakan, pihaknya sudah menyusun strategi untuk percepat vaksinasi. Strategi tersebut di antaranya memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi dosis 1 di awal Desember 2021 mendatang. “Kita akan fokus pada dosis 1, hal ini dilakukan agar target capaian 70 persen tercapai maksimal akhir Desember,” ucapanya. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: