Dua Tempat Makan Taat Prokes, Tiga Belum Sempurna, Hasil Pengawasan Tim Gabungan

Dua Tempat Makan Taat Prokes, Tiga Belum Sempurna, Hasil Pengawasan Tim Gabungan

Radartasik.com, KOTA TASIK — Tim Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Tasikmalaya membentuk tim gabungan untuk mengawasi dan membina tempat makan dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

Tim ini beranggotakan organisasi perangkat daerah (OPD) dari mulai dinas/badan hingga kelurahan. Satu tim berisikan dua hingga empat instasi pemerintah.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Masyarakat (Trantibumas) Dinas Satpol PP Yogi Subarkah menjelaskan alasan pembentukan tim gabungan tersebut.

”Karena saat ini kan operasi gugus tugas sudah berkurang. Paling seminggu sekali. Otomatis pengawasannya agar tak kendor dibentuk lah tim gabungan ini. Jadi, masing-masing OPD memiliki binaan tempat makan,” tuturnya.

Menurut dia, Satpol PP sendiri tergabung dengan Diskominfo dan Disparbudpora. Tim ini sudah turun ke lapangan pada Sabtu (20/11/2021). Tim mengecek penerapan prokes di lima titik tempat makan.

Yaitu, Rumah Makan Nini Anteh, Es Campur Si Madu, Cafe Bareto, Taman Wisata Karangresik dan Ruman Makan Rindu Madinah.

Hasilnya, kata dia, dari lima titik itu, dua tempat makan telah menerapkan prokes ketat. Sedangkan tiga tempat lainnya belum taat.

”Hasilnya, sementara yang bagus taat prokes seperti Bareto dan Nini Anteh. Sedangkan yang tiga tempat makan masih belum sempurna,” jelas dia kepada radartasik.com, Selasa (23/11/2021).


Tim Gabungan Dinas Satpol PP, Diskominfo dan Disparbudpora mengecek penerapan protokol kesehatan di tempat makan. Foto: Istimewa

Tim gabungan langsung membina satgas internal tempat makan yang belum 100 persen menaati prokes. Seperti bagaimana menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan di depan lokasi tempat makan dan lain sebagainya.

”Artinya, dibentuk tim gabungan ini bertugas mengawasi dan mengingatkan agar tetap taat prokes walaupun kondisi Covid di kita sedang landai. Agar tidak abai,” jelasnya.

Hingga Selasa (23/11/2021) siang, terdapat empat kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

Yaitu, satu warga Sukamaju Kidul Kecamatan Indihiang. Satu warga Cibunigeulis Kecamatan Bungursari. Satu warga Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi. Dan, satu warga Kecamatan Cipedes. (Rezza Rizaldi / Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: