Testing Covid-19 Terus Dilakukan

Testing Covid-19 Terus Dilakukan

radartasik.com, PANGANDARAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran terus melakukan testing di sejumlah fasilitas kesehatan.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan hampir setiap hari, 60 orang ditesting Covid-19. “Terutama di puskesmas rata-rata 60 orang setiap harinya,” ucapnya Senin (22/11/2021).

Testing rata-rata ditujukan kepada pasien yang akan menjalani rawat inap. “Terutama di puskesmas dan juga RSUD Pandega,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, layanan gratis PCR di Labkesda Pangandaran dibuka untuk pelayanan testing. “Kalau PCR di kita gratis, jadi kalau yang mau tes silakan,” ujarnya.

Sementara untuk tracing, masih dilakukan jika ada masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19. “Apabila ada salah satu pasien Covid-19, maka akan dilakukan tracing kepada 15 orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 tersebut,” jelasnya.

Upaya pencegahan lain pun terus dilakukan dalam mempertahankan PPKM Level 1 yakni dengan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. “Sejauh ini vaksinasi Covid-19 dinilai efektif untuk mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Sekda Kabupaten Pangandaran Kusdiana mengatakan berdasarkan data per 17 November, capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 77,0 persen dan dosis 2 tercapai 55,1 persen. “Sedangkan untuk lansia dosis 1 mencapai 79,3 persen dan dosis 2-nya 55,0 persen,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: