Tangkapan Ikan Capai Rp 39 Miliar

Tangkapan Ikan Capai Rp 39 Miliar

radartasik.com, PANGANDARAN — Hasil tangkapan ikan di Kabupaten Pangandaran hingga Oktober mencapai 1,2 juta kilogram. Hal tersebut dikatakan Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rusmana.


“Yang bulan Oktober baru dari TPI Batukaras saja yang terdata. Kalau semuanya sudah terdata bisa lebih,” ucapnya Senin (22/11/2021).

Hasil tangkapan paling banyak ada di September, yang mencapai 260.588 kilogram. “Kemudian terbanyak kedua ada di bulan Agustus dengan hasil tangkapan mencapai 162.931 kilogram,” jelasnya.

Kemudian hasil tangkapan paling sedikit di bulan April dengan tangkapan sebanyak 57.733 kilogram. “Biasanya bulan ini adalah masa paceklik,” tuturnya.

Pada September, kata dia, nilai tangkapan mencapai Rp 7,3 miliar. “Total keseluruhan sampai Oktober Rp 39,5 miliar. Kalau yang Oktober sudah terdata secara keseluruhan, bisa nambah lagi,” ujarnya.

Ketua RN Batukaras Aah Warto mengatakan beberapa hari ke belakang cuaca buruk sempat menghambat nelayan untuk mencari ikan. “Apalagi kalau hujannya seharian,” katanya.

Namun, kata dia, hal tersebut tidak mempengaruhi pada tangkapan secara keseluruhan. “Kalau dibandingkan masa paceklik mah, masih mending sekarang,” ungkapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: