Rusa Cagar Alam Kabur ke Pemukiman Warga

Rusa Cagar Alam Kabur ke Pemukiman Warga

radartasik.com, PANGANDARAN — Seekor rusa jantan kabur dari habitatnya di Cagar Alam. Rusa itu masuk ke pemukiman warga.


Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan rusa tersebut berada di Bojong Karekes Desa Babakan Kecamatan Pangandaran. “Petugas kami sedang berusaha menggiring rusa ini kembali ke habitatnya,” ungkapnya saat menghubungi Radar, Jumat (19/11/2021).

Uking mengatakan, petugas yang sedang mengejar rusa tersebut cukup kelelahan. “Ada empat petugas yang dikerahkan dan sampai saat ini (kemarin) belum berhasil menggiring rusa tersebut,” jelasnya. Aksi pengejaran rusa sempat jadi tontonan warga.

Ia mengatakan rusa tersebut kabur lewat Pantai Timur, setelah melewati pagar pembatas yang jebol. “Jadi banyak hewan rusa yang kabur lewat sana,” terangnya.

Dirinya mengatakan, hewan eksotis itu memang sering kabur dari Cagar Alam dan masuk ke pemukiman warga. “Pernah sampai Wonoharjo, lumayan jauh kaburnya,” katanya.

Warga Wonoharjo Dede Asikin (34) mengatakan, beberapa bulan lalu seekor rusa dari Cagar Alam ditemukan mondar-mandir di tengah jalan raya. “Ya membahayakan, takutnya ketabrak mobil, terus mati,” ucapnya.

Saat itu, hewan herbivora itu berhasil dikembalikan ke habitatnya. “Sama petugas berhasil ditangkap waktu itu,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: