Kunjungan Wisata Turun 50 Persen, Musim Hujan Berdampak terhadap Wisata Sungai

Kunjungan Wisata  Turun 50 Persen, Musim Hujan Berdampak terhadap Wisata Sungai

radartasik.com, PANGANDARAN — Intensitas hujan yang meningkat berdampak pada destinasi wisata sungai di Kabupaten Pangandaran. Salah satunya Objek Wisata Green Canyon.


Anggota Kompepar Green Canyon Yus Rahman mengatakan, sudah tiga kali wisata Green Canyon ditutup sementara. Sebab debit air mengalami kenaikan. “Sudah ada tiga kali (ditutup, Red) dalam satu bulan ini,” katanya kepada Radar, Kamis (18/11/2021).

Menurutnya, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), jika debit air di hulu di atas 60 sentimeter, maka kegiatan akan dihentikan. “Apalagi untuk body rafting, sangat tidak dibolehkan,” ucapnya.

Namun, kata dia, untuk kegiatan berperahu masih memungkinkan dilakukan, hanya saja tetap berisiko. Sehingga pihaknya memilih untuk menutup objek wisata sementara.

Selain itu, kata dia, sungai yang berubah warna memengaruhi pada kunjungan wisatawan. “Biasanya warna airnya hijau, tapi sekarang (musim hujan, Red) jadi warna cokelat keruh. Itu tidak disukai wisatawan,” ujarnya.

Kata dia, tingkat kunjungan mengalami penurunan sebanyak 50 persen sejak curah hujan mengalami peningkatan. “Ya tentu pengaruhnya begitu besar pada wisata sungai seperti Green Canyon,” jelasnya.

Pengelola Objek Wisata Ciwayang Sunandar mengatakan sudah memperkuat keamanan saat musim hujan seperti sekarang. “Safety first tetap diperhatikan,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: