Tebing Roboh, Tembok Ambruk, Penghuni Rumah Berlarian Selamatkan Diri

Tebing Roboh, Tembok Ambruk, Penghuni Rumah Berlarian Selamatkan Diri

Radartasik.com, KOTA TASIK — Tembok penahan tebing Sungai Ciwangsa di Kampung Cibangun Kaler RT 004 RW 020 Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya roboh.

Bencana yang terjadi Kamis (18/11/2021) sekitar pukul 03.00 WIB itu menyebabkan rumah besar milik Alan Budiawan di Jalan Baasyir Surya ambruk.


”Ini yang rusak tiga ruangan yaitu depan, tengah dan dapur. Kamar masih ke tahan ada pondasi,” kata Alan kepada kepada radartasik.com.


Alan menceritakan saat kejadian ia bersama istri dan dua anaknya sedang tidur di dalam kamar. Orang tuanya, Nenih (60), bangun tidur karena mau salat tahajud.


Aparat Kepolisian Sektor Cibeureum bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikmalaya membantu mengevakuasi barang-barang milik Alan Budiawan. Foto: Rezza Rizaldi / Radartasik.com

”Lalu bangunin saya katanya air di WC tidak mati-mati. Lalu, saya lihat ke luar ternyata aliran air deras. Saya lihat ada retakan dan tembok bergerak-gerak,” terang dia.


Ia bersama keluarga tidak bisa berbuat banyak saat rumah hancur. ”Kami langsung ke luar rumah menyelamatkan diri,” ungkap pria 38 tahun itu.

”Kerugian total Rp 150 juta berikut barang-barang berharga lainnya,” tambah Alan.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Indra Risdianto mengaku telah melakukan assessment ke lokasi bencana.

”Kemudian kita berkoordinasi dengan stakeholder lainnya untuk penanganan. Korban sementara mengungsi ke rumah saudaranya. Ini dikosongkan dulu rumahnya karena membahayakan,” tuturnya di lokasi kejadian.

Kapolsek Cibeureum Polres Tasikmalaya Kota Iptu Yusuf S menjelaskan bencana ini terjadai karena sungai mengalami peningkatan volume air.

”Kita sudah evakuasi korban, termasuk barang-barang. Tempat ini disarankan untuk dikosongkan. Membahayakan sebab berpotensi ada pergerakan tanah,” tandasnya. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: