179 Spesies Hewan Berada di Cagar Alam

179 Spesies Hewan Berada di Cagar Alam

radartasik.com, PANGANDARAN — Balai KonA­serA­vasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran menyebutkan, spesies atau jenis hewan di cagar alam saat ini mencapai ratusan. Beberapa di antaranya bahkan tergolong hewan sangat dilindungi.


Kepala BKSDA Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan hewan mamalia di cagar alam ada 30 jenis. Sementara aves (burung) sebanyak 70 jenis, amfibi empat jenis dan ikan sebanyak 75 jenis. “Total ada 179 spesies hewan di cagar alam,” ucapnya Rabu (17/11/2021).

Kata dia, hewan-hewan yang tergolong langka atau dilindungi seperti kancil, trenggiling, tando dan jenis burung elang ada di cagar alam. “Kemudian landak juga langka, ayam hutan juga sangat langka,” ucapnya.

Namun, kata Uking, beberapa di antaranya sudah lama tidak terlihat, seperti trenggiling dan landak. “Tapi kami sempat melihatnya beberapa waktu lalu, memang yang sangat dikhawatirkan mereka jadi sasaran perburuan,” ujarnya.

Menurut Uking, hewan-hewan di cagar alam dibebasliarkan. Mereka tidak diberi makan sama sekali. “Tidak ada penanganan, mereka semua dilepasbebaskan,” ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, hewan yang jumlahnya cukup banyak seperti monyet dan lutung. “Kalau hewan lutung itu hidupnya berkelompok, total ada tujuh kelompok. Satu kelompoknya bisa sampai 79 ekor,” jelasnya.

Salah seorang warga Pananjung Septiana (56) mengatakan tertarik dengan keberadaan hewan di cagar alam, salah satunya jenis hewan lutung. “Bagi saya hewan ini sangat unik, punya ekor panjang dan pergerakan di pohon itu sangat cepat,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: