Jalani Pesan Jokowi, Mayjen Suharyanto Antisipasi Bencana Akhir 2021

Jalani Pesan Jokowi, Mayjen Suharyanto Antisipasi Bencana Akhir 2021

Radartasik.com — Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Suharyanto telah resmi dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan posisi Letjen TNI Ganip Warsito yang memasuki masa pensiun pada November 2021. Pelantikan sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 140 P tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNPB.

Suharyanto menyampaikan, akan langsung bekerja menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait bencana pada akhir tahun 2021. Terlebih belakangan ini, sejumlah daerah di Indonesia mengalami bencana banjir hingga tanah longsor.

“Tentu ini tugas di satu sisi merupakan kebanggaan, tapi di sisi lain juga merupakan harus ada konsekuensi yang harus kami emban khususnya di penanggulangan bencana, tentunya negara kita Indonesia ini tidak bisa lepas dari bencana. Karena letak geografisnya sedemikian rupa. Sehingga hampir dipastikan selalu bergerak, banyak gempa,” kata Suharyanto usai menjalani pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Dia tak memungkiri, pihaknya akan langsung bergerak mengantisipasi bencana yang bisa saja terjadi di penghujung tahun 2021. Karena penanggulangan terhadap bencana merupakan tanggung jawab khusus dari BNPB.

“Kemudian di pengujung tahun, di awal-awal tahun, seperti ini banjir dimana-mana. Ini perlu kehadiran BNPB dalam tahap-rahap penanggulangan bencana,” papar Suharyanto.

Dia mengungkapkan, BNPB akan selalu melakukan upaya mitigasi dan edukasi kebencanaan. Sehingga masyarakat yang terdampak bencana dapat dipastikan tidak terlalu lama menanggung akibat dampak bencana.

“Setelah itu juga BNPB perlu hadir dalam program-program rehabilitasi dan rekontruksi,” ucap Suharyanto.

Terlebih usai pelantikan, lanjut Suharyant0, ia mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak tinggal diam pada musim bencana. Sehingga hal ini harus segera ditindaklanjuti.

“Pada saat selesai pelantikan juga bapak presiden berpesan pada kami ini musim bencana. Sehingga kami harus segera bekerja,” pungkasnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: