Dua Rumah di Taraju Hancur Diterjang Sungai Citerus

Dua Rumah di Taraju Hancur Diterjang Sungai Citerus

Radartasik.com, KABUPATEN TASIK — Dua rumah di Kampung Sirnasari RT 001 RW 002 Desa Cikubang Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya hancur diterjang air Sungai Citerus.

”Iya ada kejadian itu kemarin,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Irwan ketika dihubungi melalui ponselnya, pagi tadi.

Menurut dia, rumah yang hancur tersebut milik Udung (55) dan Erok (75). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Selasa (16/11/2021) sekitar pukul 10.00 WIB itu.

”Keluarga Udung sebanyak lima orang dan Erok yang tinggal sendirian saat ini diungsikan ke lokasi yang aman,” sambungnya.

Irwan menerangkan Rabu (3/11/2021) di lokasi tersebut terjadi tanah longsor. Nah, Selasa (16/11/2021) saat hujan deras, batu besar yang terbawa longsor jatuh ke sungai.

”Jadi, aliran air sungainya terhalang batu dan material longsor sehingga berbelok ke dua rumah warga,” terangnya.

Dia menjelaskan lebar tanah yang longsor 20 meter. Tinggi 6 meter. Penyempitan sungai akibat material longsoran menutup sungai sekitar 3 meter.

”Kebutuhan darurat di lokasi ini adalah memperlebar jalan air dengan menghancurkan batu dan dibuat beronjong untuk menahan abrasi,” tambahnya.

Di lokasi lain, jelas dia, terjadi hal serupa. Namun tidak sampai menggerus rumah warga. Hanya saja material longsor menutup aliran air Sungai Cidahu di RT 003 RW 009 Desa Mekarwangi Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.

”Hari ini kita sedang melakukan evakuasi material longsor yang menutup saluran air menggunakan alat berat. BPBD, Pemerintah Desa Mekarwangi dan masyarakat bergotong-royong,” jelas dia. (Rezza Rizaldi / Radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: