Politisi Senior Demokrat Max Sopacua atau H Zulkifli bin Adam Meninggal Dunia

Politisi Senior Demokrat Max Sopacua atau H Zulkifli bin Adam Meninggal Dunia

Radartasik.com, JAKARTA, Kabar duka datang dari dunia politik tanah air. Politisi senior sekaligus salah satu pendiri Partai Demokrat Max Sopacua, meninggal dunia, Rabu (17/11/2021) pagi.

Kabar meninggalnya Max Sopacua dibenarkan oleh putranya, Ferro Sopacua. “Innalillahi waiinailaihi rojiun, telah berpulang papa kami H Zulkifli bin Adam (Max Sopacua). Mohon dimaafkan segala kekhilafan almarhum papa kami,” tulis Ferro Sopacua di status WA-nya, Rabu (17/11/2021).

Informasinya, Max Sopacua meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto karena sakit paru-paru. Max Sopacua meninggal pukul 05.35 WIB.  “Indikasinya kanker di paru-paru, meninggal tadi pagi jam 5.53 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta,” terang Ferro Sopacua kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Fero menjelaskan, ayahnya sudah tiga pekan terakhir dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Almarhum Max rencananya akan dibawa terlebih dahulu ke rumah duka sebelum dimakamkan di pemakaman keluarga di Ciomas Bogor.

“(Papa) akan dimakamkan di pemakaman keluarga, satu lubang bersama almarhum Ibu saya di daerah Ciomas Bogor,” tutup Ferro Sopacua. 

Kabar Max Sopacua meninggal dunia juga disampaikan oleh politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik melalui akun Twitter pribadinya, Rabu (17/11/2021).

“Pagi ini mendapat kabar duka Pak Max Sopacua berpulang dalam usia 75 tahun. Rest in peace Pak Max,” tulis Rachland.

Diakuinya, dirinya dan Max Sopacua memang berbeda pandangan politik belakagan ini. Akan tetapi, ia tetap menganggap Max sebagai senior dan sahabat. “Saya selalu menganggapmu senior dan sahabat yang menyenangkan, bahkan ketika kita mengambil jalan yang berbeda,” ungkap Rachland.  

Untuk diketahui, publik sejatinya sudah cukup mengenal MAx Sopacua jauh sebelum ia terjun ke dunia politik. Pasalnya, wajah Max Supacua setiap hari menghiasi layar televisi sebagai penyiar di TVRI. Tercatat, Max Sopacua pernah menjad produser di TVRI pada 1985 hingga 2002.

Di tahun 2002 pula menjadi tahun pertama Max mulai terjun ke dunia politik. Saat itu, ia memilih ikut mendirikan Partai Demokrat bersama SBY dan tokoh lainnya, setelah pensiun dari TVRI.

Sebagai politisi Demokrat, Max Sopacua pernah menjabat sebagai anggota DPR selama dua periode 2004-2009 dan 2009-2014. Setelah itu, Max Sopacua memilih hengkang dari Demokrat. Sempat vakum, ia lalu memutuskan bergabung dengan Partai Emas pada Februari 2021.

Akan tetapi, tak lama kemudian, Max Sopacua memutuskan angkat kaki. Max Sopacua bergabung lagi dengan Partai Demokrat, tapi memilih berada di kubu Moeldoko. (rb/de/riki/fajar/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: