Warga Diminta Waspadai ILI

Warga Diminta Waspadai ILI

radartasik.com, PANGANDARAN — Masyarakat diminta mewaspadai gejala influenza like illness (ILI) atau infeksi saluran pernapasan atas saat musim hujan seperti sekarang.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan peralihan musim menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit saluran pernafasan. “Banyak laporan dan keluhan terkait gejala influenza like illness,” ucapnya Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, gejala yang dirasakan yakni seperti demam, batuk kering, sakit kepala, kadang sesak nafas, nyeri otot, meriang, sakit tenggorokan dan lain-lain. “Gejala demam tifoid juga seperti ini, jadi patut diwaspadai juga,” jelasnya.

Ia mengatakan gejala influenza like illness dan demam tifoid juga hampir mirip dengan gejala Covid-19. “Makanya kita sudah mengimbau agar masyarakat yang mengalami gejala serupa bisa melakukan tes swab antigen atau PCR, karena dikhawatirkan malah kena Covid-19,” katanya.

Jika tidak terdeteksi, ia khawatir akan menular ke orang banyak. “Kalau terdeteksi, nanti penanganannya akan jelas,” ucapnya. Menurutnya, masyarakat yang mengalami gejala serupa juga dianjurkan banyak minum air putih, istirahat cukup, makan makanan bergizi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yati Nurhayati menambahkan musim hujan masyarakat juga diminta waspada penyakit DBD. “Tapi sampai saat ini belum ada laporan kasus DBD,” jelasnya.

Masyarakat diminta memperhatikan kebersihan lingkunganya, agar tidak terjangkit penyakit menular. “Kalau sudah meraskan gejala-gejala penyakit saluran pernafasan atau influenza berkepanjangan, segera periksakan diri,” anjurannya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: