Curug Luhur, Berpotensi Jadi Wisata Unggulan

Curug Luhur, Berpotensi Jadi Wisata Unggulan

radartasik.com, PANGANDARAN — Kecamatan Langkaplancar dikenal sebagai daerah yang memiliki keindahan alam luar biasa. Banyak tempat yang berpotensi menjadi objek wisata unggulan. Salah satunya Curug Luhur di Dusun Cimanggu Desa Cimanggu.


Jarak yang harus ditempuh menuju Curug Luhur sekitar 23 kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam dari Kecamatan Parigi. Walaupun belum resmi dibuka, Curug Luhur sudah banyak dikunjungi warga dari dalam dan luar Langkaplancar. Selain bisa melihat pemandangan, masyarakat juga bisa menyaksikan hamparan sawah terasering di lokasi tersebut.

Ketua LPM Desa Cimanggu Asep Adin mengatakan Curug Luhur paling bagus jika dinikmati dari atas bukit. “Jika dilihat dari atas, pemandangannya sangat bagus. Jika belum puas, masyarakat bisa turun langsung ke lokasi,” jelasnya.

Rencananya, kata dia, kompleks sekitar Curug Luhur akan dijadikan tempat bumi perkemahan. “Memang perlu penataan di sana-sini. Mudah-mudahan tahun depan bisa segera diberlakukan tiketing dan fasilitasnya terus dilengkapi,” ujarnya.

Menurutnya, diperlukan anggaran sekitar Rp 700 juta untuk penataan kawasan Curug Luhur. “Mungkin dari berbagai sumber anggaran. Ya mudah-mudahan terealisasi,” ucapnya.

Salah seorang pengunjung Enceng (40) mengatakan Curug Luhur sudah banyak dikunjungi warga sejak beberapa bulan lalu. “Disini bagus untuk botram bersama keluarga,” ujarnya.

Kata dia, kabut yang muncul setelah hujan juga bisa dinikmati di kawasan Curug Luhur. “Disini bagus sekali untuk swafoto,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: