ANBK Bukan Penentu Kelulusan Murid

ANBK Bukan Penentu Kelulusan Murid

Radartasik.com — Sejumlah daerah saat ini tengah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), salah satunya adalah DKI Jakarta. Saat ini murid kelas 5 jenjang sekolah dasar (SD) yang melaksanakan ANBK hingga 18 November mendatang.

Kepala Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja menyampaikan penyelenggaraan ANBK tidak menentukan kelulusan dari siswa. Pelaksanaan ini hanya untuk memetakan kualitas pendidikan di suatu daerah.

“Tidak ada kaitannya lulus atau tidak lulus, tidak berkaitan sama sekali. Jadi ANBK ini sifatnya hanya untuk pemetaan saja. Jadi tidak menentukan kelulusan, ini juga untuk kelas 5 saja,” jelas dia ketika dihubungi JawaPos.com, Senin (15/11).

Dirinya pun menegaskan bahwa tidak perlu ada persiapan yang dilakukan dalam melaksanakan ini. Tidak sama seperti Ujian Nasional (UN) yang membutuhkan persiapan karena menentukan kelulusan seorang murid.

“Ini yang diuji itu yang berkaitan dengan kompetensi literasi, numerasi dan penguatan karakter. Jadi nggak ada tuh bimbel ANBK, tidak ada alasan untuk bimbel lagi,” tuturnya.

ANBK ini pun dipastikan bahwa siswa dipilih secara acak, bukan dari pihak sekolah maupun dinas pendidikan. Adapun, yang memilih para siswa menjadi peserta ANBK adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Untuk peserta yang menentukan secara random oleh Kemendibud, itu semua acak. Jadi bukan dari sekolah, disdik, tapi Kemendikbud,” pungkasnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: