Sampah Berserakan di Pantai Pangandaran

Sampah Berserakan di Pantai Pangandaran

radartasik.com, PANGANDARAN — Setiap akhir pekan, sampah plastik selalu berserakan di objek Wisata Pantai Pangandaran. Menurut salah seorang pelaku usaha wisata di Pantai Pangandaran, Aris Munandar (45), sampah-sampah plastik itu ada yang dibuang para wisatawan, ada juga yang dibawa arus sungai menuju laut dan akhirnya ke pesisir pantai.


“Sampah-sampah ini selalu berserakan, apalagi akhir pekan,” ungkapnya saat ditemui di Pantai Barat Minggu (14/11/2021).

Kata dia, kadang dirinya selalu menemukan sampah plastik besar yang isinya penuh sampah bekas mi cup dan minuman kaleng. “Ya jelas, itu pasti wisatawan yang buang sembarangan,” jelasnya.

Kata dia, kemungkinan wisatawan malas membuang sampah ke tempatnya. “Jadi habis makan, dibungkus, dibiarkan begitu saja,” katanya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Mimin Mintarsih mengatakan volume sampah di Objek Wisata Pangandaran mencapai 400 kubik per harinya. “Saat ditutup (objek wisata), beban angkut berkurang, sekarang meningkat lagi,” katanya.

Kata dia, DLHK pun menambah truk pengangkut sampah hingga lima unit. “Saat ini jumlah truk pengangkut sampah yang dimiliki DLHK sebanyak 15 unit,” terangnya.

Idealnya armada sampah yang dimiliki DLHK sebanyak 25 unit. “Hal itu agar penanganan sampah bisa dilakukan secara maksimal,” jelasnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: