Kecewa, Warga Salopa Perbaiki Jalan Sendiri

Kecewa, Warga Salopa Perbaiki Jalan Sendiri

radartasik.com, SALOPA - Pemuda bersama warga di Desa Kawitan Kecamatan Salopa secara swadaya memperbaiki Jalan Raya Salopa-Cikatomas yang rusak parah, pasalnya sampai saat ini belum ada perbaikan, Jumat (12/11/2021).


Tokoh Pemuda dan Karang Taruna Desa Kawitan Kecamatan Salopa Edi Daryana menyebutkan, aksi gotong royong dalam perbaikan jalan yang rusak ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah, karena tidak ada upaya perbaikan. Padahal, jalan tersebut sudah cukup lama rusak.

“Sudah banyak pengendara yang melewati jalan tersebut, tidak sedikit menjadi korban kecelakaan. Kalau saya ingat-ingat, mungkin sudah belasan atau mencapai puluhan tahun belum ada perbaikan lagi,” ujar dia, menjelaskan.

Maka dari itu, kata dia, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna bersama warga berinisiatif untuk memperbaikinya dengan menutup lubang-lubang tersebut. Caranya dengan menyimpan bekas material bangunan dan tanah di jalan berlubang agar aman saat kendaraan melintas.

Dia menyebutkan, jalan rusak tersebut rencananya oleh warga akan diperbaiki dengan menutup jalan berlubang dengan aspal, dengan anggaran secara swadaya warga dan pemuda yang merasa peduli.

“Karena kerusakan jalan ini sudah terjadi saat Tatang Farhanul Hakim menjadi bupati Tasikmalaya, sekitar 20 tahun yang lalu. Akibat kerusakan yang cukup lama, sudah banyak pengguna jalan yang mengalami kecelakaan, khususnya malam hari,” terang dia.

Dia menambahkan, pemuda dan warga sangat kecewa dengan janji pemerintah setempat, yang katanya akan segera memperbaiki jalan ini. Namun hingga saat ini belum terealisasi dan tidak terbukti.

“Sehingga kami Karang Taruna bersama warga langsung melaksanakan aksi perbaikan jalan dengan tenaga dan anggaran seadanya dari sumbangan warga,” tambah dia.

Kepala Seksi (Kasi) Jalan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Perumahan Permukiman (DPU-TRPP) Kabupaten Tasikmalaya, Ani Rusmana, mengatakan, tidak sedikit jalan kabupaten yang rusak, termasuk di Jalan Salopa-Cikatomas.

“Untuk Jalan Raya Salopa-Cikatomas, bukan tutup mata untuk tidak melakukan perbaikan. Namun ada kendala karena jalan tersebut statusnya adalah jalan provinsi,” terang dia.

Kemudian, lanjut dia, kendala lainnya untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut, ada keterbatasan anggaran, sehingga tidak mencukupi. Baik untuk anggaran perbaikan maupun pembangunan awal.

“Karena saat ini adanya dampak dari refocusing dari Provinsi Jawa Barat, yang kucuran dananya dihentikan sementara. Hingga saat ini di Kabupaten Tasikmalaya jalan yang rusak sepanjang 300 kilometer atau sekitar 36 persennya,” ungkap dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: