Fenomena Waterspout Terjadi di Pantai Utara Bali

Fenomena Waterspout Terjadi di Pantai Utara Bali

Radartasik.com - Fenomena Waterspout terjadi di wilayah Pantai Utara Bali. Tepatnya di Desa Pacung Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Angin yang berputar di atas permukaan laut dengan awan tebal itu terekam seorang warga dari dalam mobil ketika melintas di seputaran Ponjok Batu, Desa Pacung. 

Dalam video berdurasi 10 detik itu nampak putaran angin kencang. Video itu pun dengan cepat menyebar dan viral.

Dikutip dari data BBMKG Wilayah III Denpasar, fenomena Waterspout merupakan fenomena serupa puting beliung. Namun waterspout terjadi di atas permukaan air. Dapat terjadi di laut ataupun danau. Mekanisme pembentukan waterspout itu sama seperti putin beliung. Fenomena ini muncul dari sistem awan cumulonimbus dan berbentuk pusaran angin seperti belalai.

Dikonfirmasi Jumat (12/11) pagi, I Made Sudarma Yadnya, dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar menjelaskan, awan cumulonimbus juga mengidikasi terjadinya fenomena cuaca buruk seperti hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir. 

Hal itu terjadi karena wilayah Bali memasuki musim pancaroba. “Wilayah Bali memasuki musim hujan, waterspout hampir sama seperti puting beliung namun kejadiannya di permukaan air atau laut. Fenomena terjadi diakibatkan adanya awan Cb (Cumulonimbus),” tegasnya.

Fenomena waterspout ini kata Sudarma Yadnya berbahaya bagi kapal yang berada di sekitarnya serta aktivitas laut. Tak menutup kemungkinan pula bagi hewan laut yang berada dibawah pusaran. “Pernah terjadi di Bali ketika musim pancaroba - musim hujan yang banyak tumbuh awan CB,” lanjutnya.

Pun demikian, fenomena itu tidak tergolong langka. Hanya saja tingkat terjadinya fenomena tersebut berbanding tipis. Dari BBMKG sendiri pun belum mampu mendeteksi fenomena tersebut. “Karena durasi kejadiannya singkat dalam hitungan beberapa menit saja jadi citra radar belum bisa mendeteksi fenomena tersebut dan hanya bisa mendeteksi adanya awan CB,” imbuhnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: