Gebyar Vaksinasi di Peringatan HKN

Gebyar Vaksinasi di Peringatan HKN

radartasik.com, SALOPA - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya menggelar gebyar vaksin untuk 57 ribu orang dan dosis di fasilitas kesehatan se-kabupaten, Kamis (11/11/2021).


Ketua Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani SKM MSi mengatakan, dalam HKN ke-57 menggelar beberapa kegiatan di tengah pandemi Covid-19, disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi ini. “Jadi kita melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi di seluruh Kabupaten Tasikmalaya,” terang Dadan kepada Radar, kemarin.

Gebyar vaksinasi ini, kata dia, dilaksanakan oleh pelayanan kesehatan atau yankes seperti puskesmas, klinik kesehatan dan rumah sakit swasta maupun pemerintah. Adapun tema HKN tahun ini yaitu sehat negeriku Indonesia tumbuh. Adapun sasaran gebyar vaksinasi ini, jelas dia, dilaksanakan terhadap 57 ribu orang atau dosis vaksin.

“Kita ketahui Kabupaten Tasikmalaya masih di level tiga. Diharapkan dengan adanya gebyar vaksin ini turun ke level kedua,” paparnya.

Kemudian, lanjut dia, di HKN ini juga ada beberapa kegiatan kajian ilmiah dan perlombaan, sengaja dilaksanakan lomba untuk kegiatan kontijensi akselerasi penanganan kasus Covid-19 bagi Satgas Covid-19 kecamatan dan puskesmas.

Maka dari itu, kata dia, nanti pemerintah daerah akan memberikan reward kepada kecamatan yang telah melaksanakan vaksinasi terbanyak dan akan dilombakan untuk memotivasi. Ditambah ada edukasi melalui pembuatan video vaksinasi yang dilombakan.

Kepala Puskesmas Salopa, Cucu Hikmat SKM MSi menambahkan, pihaknya saat ini menghadapi kondisi yang cukup terkendala dalam cakupan vaksinasi. Namun, di akhir-akhir ini bisa mencapai cakupan vaksinasi yang ditargetkan.

“Dengan lintas sektoral bersama muspika dan masyarakat bisa tercapai. Kini untuk cakupan vaksinasi Kecamatan Salopa sudah di atas 50 persen,” paparnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: