Putar Otak Tingkatkan PAD Wisata

Putar Otak Tingkatkan PAD Wisata

radartasik.com, CIAMIS - Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu terus dikembangkan untuk menarik minat para pengunjung. Selain dikenal sebagai wisata religi, sekarang ada penambahan wahana lain seperti perahu kecil yang diberi nama kancra kayaking.


Wakil Ketua Umum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis  Sandri Zulfikar mengatakan, saat ini Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu bukan hanya objek wisata religinya saja, tapi ada wahana permainan yang membuat pengunjung menjadi lebih nyaman. “Sekarang ada kancra kayaking atau perahu kecil yang bisa dinaiki oleh satu orang,” ujar dia kepada Radar, Kamis (11/11/2021).

Kata dia, adanya wahana tambahan di Situ Lengkong diyakini dapat menggeliatkan kunjungan, sehingga berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD) yang meningkat. Apalagi saat ini Pemkab Ciamis sudah tidak memiliki objek wisata pantai setelah pemekaran Pangandaran, padahal sektor tersebut penyumbang PAD yang begitu besar. Sehingga harus memutar otak untuk kembali meningkatkan PAD di sektor pariwisata.

“Makanya upaya Pokdarwis saat ini terus menggeliatkan wisata-wisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Salah satunya seperti di Situ Lengkong Panjalu sekarang, agar wistawan juga tertarik dan tidak jenuh,” ujar dia, menjelaskan.

Sandri menerangkan, sekarang wisatawan bisa menyewa kancra kayaking dengn harga Rp 50.000 per satu jam. “Keamanannya tetap diutamakan, mulai dari menggunakan pelampung dan yang lainnya. Kami utamakan semua wahana di Ciamis benar-benar aman dan nyaman,” kata dia, menambahkan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia menambahkan, adanya penambahan wahana bermain di Situ Lengkong membuat para pengunjung lebih nyaman dan tertarik untuk datang. “Jadi sekarang yang ke Situ Lengkong tidak hanya menikmati wisata religi, tapi ada wahana bermain juga. Sehingga bisa berdampak kepada PAD,” kata dia, menjelaskan. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: