Kepergok Dandim, Kawanan Pencuri Kayu Kocar-kacir

Kepergok Dandim, Kawanan Pencuri Kayu Kocar-kacir

Radartasik.com - Empat orang pencuri kayu lari kocar-kacir setelah aksi mereka kepergok rombongan Komandan Kodim 0720 Rembang dan Kepala Adm Mantingan, yang sedang patroli, Selasa lalu (9/11). Lantaran ketakutan, kawanan pencuri langsung meninggalkan sepeda motor beserta kayu curiannya di tepi  jalan.

Aksi ini terjadi secara tak sengaja. Awalnya rombongan patroli di wilayah hutan perbatasan Rembang-Blora untuk pemetaan. Saat rombongan yang terdiri dari Administrasi  (Adm) KPH Mantingan Marsaid dan bersama Dandim Letkol Kav Donan Wahyu Sejati. Memasuki petak 87 Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Ngiri BKPH Ngiri, turut Desa Sendangmulyo, Kecamatan Bulu.

Mereka hendak lewat. Mengetahui ada petugas mereka langsung lari tunggang-langgang meninggalkan motor dan kayunya. ”Aksi terjadi jam 13.00,” ungkap Adm KPH Mantingan Marsaid.

Rombongan langsung berhenti. Sedangkan rombongan lain mengamankan barang bukti untuk diteliti dari mana kayu yang dicuri oleh pelaku. “Setelah dilidik kayu diperkirakan berasal dari petak 102 RPH Sangrah BKPH Ngiri,” ungkapnya.

Atas aksi itu, KPH meminta jajarannya untuk siaga penuh. ”Polter BKPH Ngiri dan BKPH Kalinanas untuk siaga penuh. Walaupun masih dimasa pandemi kegiatan patroli tetap harus dilakukan secara preventif. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Dandim Rembang 0720 Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati berharap aksi tak terpuji itu jangan sampai terulang. Karena kayu-kayu itu merupakan milik negara yang harus dirawat bersama. Ia bersama jajarannya mengaku siap membantu pengamanan bila sewaktu-waktu dibutuhkan dalam patroli preventif.

”Aparat pemerintahan kami akan terus membantu dalam rangka pengamanan aset-aset negara yang ada di wilayah Rembang. Itu tugas bersama. Kami siap memback up untuk keamanan dan patroli bareng. Ini sangat penting untuk mewujudkan hutan di Kabupaten Rembang tetap lestari,” imbuhnya. (jpg) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: