Ratusan Botol Miras Dimusnahkan di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya

Ratusan Botol Miras Dimusnahkan di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya

radartasik.com, SINGAPARNA — Sebanyak 860 botol miras berbagai merek dimusnahkan dalam momen peringatan Hari Pahlawan Nasional di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (10/11/2021). Miras tersebut hasil dari operasi penyakit masyarakat Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tasikmalaya.


Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Peraturan Daerah (Gakkda) Dinas Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Tasikmalaya E Koswara SIP MSI mengatakan, dalam upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan pemusnahan ratusan botol miras hasil razia penyakit maysarakat.

“Pemusnahan miras hasil operasi dan patroli ini sengaja dimusnahkan dalam momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sebagai cermin, sebagaimana tema, bahwa pahlawan sebagai inspirasi. Makanya kami melakukan operasi dan pemusnahan miras sebagaimana pesan moral dan agama amar ma'ruf nahi munkar,” ujar dia kepada Radar, kemarin.

Kata dia, miras sebanyak 860 botol berbagai merek yang didapatkan dan diamankan dari rumah warga di wilayah Kecamatan Cipatujah. Tepatnya di wilayah tempat wisata Pantai Cipatujah masih dalam tingkat kerawanan penyebaran miras.

“Anggota bersama tim dan penyidik PNS melakukan operasi. Botol-botol miras tersebut disimpan di rumah warga bukan dipajang di toko atau di warung,” kata dia.

“Makanya patroli dilakukan dengan penggeledahan ke dalam rumah atas informasi masyarakat. Sebagaimana SOP dan aturan yang dilaksanakan, akhirnya dapat menemukannya,” ujar dia, menambahkan.

Pemusnahan tersebut, tambah dia, dilakukan oleh Muspida atau Forkopimda bersama stakeholder lainnya dalam upacara peringatan Hari Pahlawan.

“Insyaallah kami tidak akan berhenti untuk melakukan operasi penyakit masyarakat sesuai dengan aturan dan SOP. Koordinasi dengan TNI/Polri,” paparnya.

Dia menambahkan, target akhir tahun ini, akan terus digencarkan patroli jelang pergantian dan awal tahun baru. “Saat ini sedang pengumpulan bahan keterangan di lapangan. Operasi ini dilaksanakan untuk di seluruh Kabupaten Tasikmalaya,” tambah dia.

Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin SPd MAP mengatakan, pemerintah daerah dalam momentum Hari Pahlawan 2021 mengajak semua untuk mengisi semangat pahlawan dan berbuat lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Tentu melalui pemusnahan miras di momen Hari Pahlawan ini menjadi refleksi untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri. Ini salah satu bentuk kita menghargai jasa para pahlawan dengan menjauhi kegiatan yang merusak moral, jauhi narkoba dan miras,” ujar dia.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP menambahkan, memaknai hari pahlawan sebagai motivasi dan semangat lebih untuk bekerja, baik sebagai individu maupun pelayan masyarakat.

Semangat perjuangan para pahlawan, kata dia, harus menjadi pemicu untuk lebih baik lagi. Termasuk DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat akan terus lebih baik lagi dalam mewadahi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Termasuk, tambah dia, dalam pemusnahan miras di momen hari pahlawan ini, bisa dijadikan sebagai perisai untuk menjauhi hal-hal yang merusak moral dan masa depan anak bangsa.

“Maka semangat hari pahlawan ini mari semua untuk lebih baik lagi dalam bidangnya masing-masing. Jauhi hal-hal negatif, berbuat dan bermanfaat bagi banyak orang,” tambah dia. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: