Pegawai Lapas dan Napi Dites Urine

Pegawai Lapas dan Napi Dites Urine

radartasik.com, CIAMIS - Lembaga PemaA­syaA­rakatan Kelas IIB Ciamis menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan tes urine kepada pegawai Lapas dan warga binaan, Rabu (10/11/2021) pagi.


Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis Soni Sopyan BCIP SSos MSi mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Lapas Ciamis, juga sebagai bentuk pembinaan kepada pegawai dan warga binaan supaya tidak terjerumus narkoba.

“Kami ingin menciptakan Lapas yang bersih dari narkoba, maka langkah awal upaya preventifnya yaitu dengan tes urine, juga hal ini sebagai deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas Ciamis,” terangnya.

Kata dia, bila pegawai Lapas yang terindikasi menggunakan narkoba akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku. “Dari mulai ringan hingga penghapusan kepegawaian atau pemecatan,” jelasnya.

Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin SSos MSi mengapresiasi kepada Lapas yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi P4GN sekaligus dan tes urine. “Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan kita jadikan sebagai momentum berjuang dalam hal memerangi narkoba khususnya di lapas,” ucapnya.

Kata Engkos, bahwa tes urine ini merupakan upaya deteksi dini kepada pegawai dari penyalahgunaan narkoba. Ini pun merupakan bukti komitmen dari pihak Lapas Ciamis dalam berperan serta melakukan upaya P4GN di lingkungan Lapas.

“Diharapkan dengan sosialisasi serta tes urine para pegawai dan warga binaan jadi lebih waspada dan memiliki daya tangkal dalam menolak narkoba, sehingga lapas yang bersih dari narkoba dapat terA­wujud,” pungkasnya  (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: