Ketertiban Bayar Pajak Masih Lemah

Ketertiban Bayar Pajak Masih Lemah

radartasik.com, CIAMIS - Tim gabungan dari TNI, Polri,  Bapenda Jabar, Dishub Ciamis dan Jasa Raharja melakukan operasi kendaraan bermotor di depan Kantor Samsat Jalan Jendral Sudirman Kabupaten Ciamis, Selasa (9/11/2021).


Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi melalui Kasat Lantas AKP Zanuar Cahyo Wibowo SIK mengatakan, operasi terpadu ini dilaksanakan dalam rangka untuk menyadarkan masyarakat untuk tertib administrasi kendaraan. Sehingga dapat menekan angka Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan Kendaraan yang Belum Melakukan Daftar Ulang (KBMDU).

“Hasil operasi terpadu hari ini, 2.125 kendaraan kami berhentikan untuk dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan. Ribuan kendaraan yang diberhentikan, 91 kendaraan didapat tidak membayarkan pajak dan memilih untuk membayarkan langsung di tempat,” jelas Wibowo.

Selain itu, kata dia, diberikan tindakan kepada ratusan kendaraan yang melanggar lalu lintas. Mereka yang melanggar ditindak dengan surat tilang dengan SIM dan STNK menjadi barang bukti yang diamankan. Kendaraan yang ditilang sebanyak 125 unit. “Selain itu juga ada 10 unit kendaraan kami tahan karena melanggar,” jelasnya.

Kasi Pendataan dan Penetapan Bapenda Jabar Suparman menambahkan, ini program operasi terpadu dalam rangka Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dan Kendaraan yang Belum Melakukan Daftar Ulang (KBMDU). “Operasi yang sekarang sasaran awal dari pengendara motor dulu, untuk mobil nanti ada di lokasi lain akan kami lakukan, karena ini operasi dilakukan selama tiga harian,” jelasnya.

Menurut dia, memang di Ciamis banyak sepada motor yang belum membayar pajak, hampir 30 persen dari total kendarana. “Kami imbau kepada masyarakat untuk selalu taat pajak,” tuntasnya. (isr/rls)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: