Kasus DBD Terus Bertambah, Cucu Bupati Ciamis Juga Ikut Terserang

Kasus DBD Terus Bertambah, Cucu Bupati Ciamis Juga Ikut Terserang

radartasik.com, CIAMIS - Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis pada awal November 2021 mencatat ada 23 kasus baru demam berdarah dengue (DBD). Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).


Menurut dia, kasus DBD terus bermunculan. Tentunya persoalan DBD ini jika tidak diantisipasi dan dicegah banyak yang meninggal, karena bisa lebih berbahaya dari Covid-19. “Kami sampaikan kasusnya saat ini lebih tinggi, ganas daripada Covid-19 pada bulan November ini ada penambahan. Termasuk cucu saya juga terkena DBD,” papar Herdiat di Pendopo Ciamis.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk rajin bersih-bersih, di antaranya membersihkan genangan air dan pemberantasan sarang nyamuk.  Karena nyamuk ini lebih suka di air bersih yang tergenang. “Kami imbau masyarakat bersih-bersih di lingkungan rumah dan halaman sekitar secara rutin,” jelasnya.

“Curah hujan yang tinggi juga harus diwaspadai, karena tidak sedikit kejadian bencana alam terjadi baik longsor maupun banjir di Kabupaten Ciamis karena curah hujan tinggi. Kami imbau mayarakat meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan,” jelasnya.

Kabid P2P Dinkes Kabupaten Ciamis Harun Al Rasyid menyampaikan, sampai akhir Oktober 2021 sudah mencatat 203 penderita DBD dan satu orang dinyatakan meninggal dunia. Dari data tersebut kenaikan kasus DBD terjadi pada September dan Oktober.

“Agustus hanya ada 14 kasus baru, nah menginjak September angkanya melonjak hingga 39 kasus baru. Seiring dengan tingginya intensitas hujan, angka kasus DBD Ciamis bertambah 50 kasus baru pada Oktober 2021. Kemudian pada November ada 23 kasus. Tetapi semua sudah dalam perawatan RS daerah maupun RS Swasta, sebagian sudah pulang,” ucapnya.(isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: