Pohon Tumbang, Dapur Rumah Ambruk

Pohon Tumbang, Dapur Rumah Ambruk

radartasik.com, CIAMIS - Rumah milik Miswan (44), warga Dusun Ciherang RT/RW 008/004 Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari ambruk tertimpa pohon tumbang, Minggu (7/11/2021) pagi. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, pasalnya pohon tumbang hanya menimpa bagian dapur rumah korban.


Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, beberapa hari ini curah hijan di Ciamis cukup tinggi. Sehingga harus dijadikan kewaspadaan oleh seluruh masyarakat, sehingga bencana yang terjadi bisa diantisipasi, khususnya tidak sampai terjadi korban jiwa. “Beberapa hari ini juga berbagai laporan bencana terus masuk dan yang terbaru ini di Kecamatan Banjarsari ada pohon tisuk roboh dan menimpa dapur rumah hingga rusak,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, pihaknya bersama masyarakat langsung melakukan evakuasi pohon yang menimpa rumah. “Pohon ini roboh karena memang sudah tua, kemudian lokasinya sangat dekat dengarn rumah korban, sehingg ketika tumbang langsung menimpaa rumahnya,” kata dia, menjelaskan.

Maka dari itu, kata dia, Tagana mengimbau kepada seluruh masyarakat yang dekat rumahnya ada pohon besar untuk selalu waspada. Misalnya dengan cara mengontrol dan menebang ranting-rantingnya, sehingga ketika tertiup angin tidak roboh. “Tapi kalau memang kondisinya sudah tau, seharusnya ditebang langsung supaya lebih aman,” ucapnya.

Camat Banjarsari H Dedi Iwa Saputra mengatakan, laporan rumah ambruk karena tertimpa pohon tumbang sudah masuk. Bahkan, sudah dilakukan evakuasi atau membersihkan material secara gotong royong masyarakat dan Tagana.

“Saya selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, karena saat ini curah hujan cukup tinggi. Sehingga berdampak terhadap longsor, banjir dan bencana lainnya yang selalu mengancam,” kata dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: