Anggota DPR Ungkap 6 Nama Berpeluang jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

Anggota DPR Ungkap 6 Nama Berpeluang jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa

Radartasik.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI. Posisi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) akan kosong sepeninggal Andika Perkasa.

Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin mengatakan saat ini ada enam nama yang dianggap potensial menggantikan Andika Perkasa menjadi KSAD. Mereka adalah Letjen Bakti Agus yang merupakan Wakil KSAD, Letnan Jenderal Dudung Abdurachman yang menjabat sebagai Pangkostrad dan Letjen Joni yang menjabat Kabais TNI.

Kemudian, Letjen Teguh Arief yang saat ini menjadi Komandan Pusat Teritorial. Juga Letjen Arief Rahman yang menjabat sebagai Danpusnif, serta Letjen Eko Margiono yang saat ini menjabat Kasum TNI.

“Jadi ada enam. Ada Letjen yang lain tapi beliau korpsnya dari banmin, dan struktur jabatan yang diembannya saya kira berbeda dengan keenam nama ini,” ujar Hasanuddin kepada wartawan, Jumat (5/11).

Mantan Sekretaris Militer (Sesmil) Kepresidenan tersebut juga membeberkan, masa pensiun para Letjen yang disebutkan namanya tersebut. Letjen Bakti Agus akan pensiun pada 2022, Pangkostrad Letjen Dudung pensiun pada 2023, kemudian Kabais TNI Letjen Joni akan pensiun Juli 2022. Selanjutnya, Letjen Teguh Arief akan pensiun pada Mei 2024 dan Letjen Eko Margiono yang merupakan Kasum TNI akan pensiun pada Juni 2025.

Legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menduga dari enam Letjen tersebut hanya dua yang difavoritkan menempati posisi KSAD yakni Pangkostrad Letjen Dudung dan Wakil KSAD Letjen Bakti Agus.

“Dari ini, seperti apa tradisinya sekarang biasanya KSAD itu adalah mereka yang bintang tiga diangkat dari Wakil KSAD atau Pangkostrad itu yang sudah-sudah seperti itu,” katanya.

Meski demikian, Hasanuddin mengaku enggan mendahului kehendak Presiden Joko Widodo siapa yang bakal ditunjuk menjadi KSAD menggantikan Andika Perkasa. “Kira-kira siapa saya tidak mau berandai-andai, tunggu saja keputusan Presiden nanti,” ungkap purnawirawan TNI berpangkat Mayjen tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah memasuki masa pensiun pada November 2021 ini.

“Melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Puan.

Puan menjelaskan Presiden Jokowi hanya mengusulkan satu nama untuk menjadi Panglima TNI yakni Jenderal Andika Perkasa. Untuk proses selanjutnya, nama Andika Perkasa akan dibawa dalam fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayanan untuk menjadi Panglima TNI di Komisi I DPR RI. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: