Tujuh Rumah Terancam Longsor

Tujuh Rumah Terancam Longsor

radartasik.com, CIAMIS - Tebing sepanjang 70 meter dan tinggi dua meter longsor dan menutupi Sungai Leuwi Bangkong Lingkungan Karangsari RT/RW 02/10  Kalurahan Maleber Kecamatan Ciamis, Kamis (4/11/2021). Akibat kejadian tersebut, tujuh rumah yang berada di sekitar tebing terancam longsor.


Ketua RT 02 Yanyan menjelaskan ada tujuh rumah yang terancam tergerus secara perlahan akibat longsornya tebing sepanjang 70 meter ini. Apalagi, saat ini musim hujan yang mengakibatkan air sungai sering meluap dan bisa terus menggerus kondisi tebing.

“Kami waswas setiap kali ada hujan dan sungai meluap, karena rumah takut tergerus dan jalan lingkungan takut terbawa longsor,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Menurut dia, selain rumah warga, pesawahan pun juga terancam ketika curah hujan tinggi dan air sungai meluap. “Semoga pemernintah ada perhatian kepada kami, sehingga ada bantuan seperti pembangunan tembok penahan tebing (TPT) sungai, sehingga kami tidak khwatir lagi,” kata dia, mengharapkan.

Nana Duriatna (55), warga yang tinggal dekat sungai mengaku selalu takut dan waswas ketika malam ditambah hujan deras. Karena, tebing sungai itu kondisinya sudah mengkhawatirkan. “Kalau malam dan hujan, kadang saya sampai tidak tidur. Takut tiba-tiba longsor karena tebing terus tergerus oleh air sungai,” ujarnya, menjelaskan.

“Kami berharap pemerintah bisa segera menangani bencana ini, supaya warga lebih tenang tidak waswas seperti sekarang. Karena, diketahui juga ada sekitar tujuh rumah yang terancam,” kata dia, menambahkan. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: