Anggota Polsek Mangkubumi Sigap dan Tanggap Bencana

Anggota Polsek Mangkubumi Sigap dan Tanggap Bencana

Radartasik.com, KOTA TASIK - Guna mengantisipasi cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam di wilayah hukum Polsek Mangkubumi Polres Tasikmalaya Kota, petugas melaksanakan pengecekan semua perlengkapan SAR (Search and Rescue), Kamis (04/11/21).

Selain mengecek semua perlengkapan SAR, para personel Polsek Mangkubumi juga melakukan latihan terbatas di Mako Polsek Mangkubumi.

Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono SH mengatakan, kesiapan sarana tersebut adalah bentuk dari persiapan menghadapi musin penghujan di akhir tahun ini.

"Ya kita cek pelengkapan dan sarana guna mengatisipasi bencana alam di wilyah Kecamatan Mangkubumi, " ujar Hartono kepada wartawan. 

Dalam pengecekan tersebut juga dilakukan simulasi terhadap penanganan bencana alam berupa pohon tumbang.

Kapolsek menggambarkan, letak geografis Kecamatan Mangkubumi terletak di perbukitan. Dengan begitu daerahnya rawan bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang.

"Semua peralatan SAR dalam keadaan baik dan tak ada yanga macet baik senso, jas hujan, sepatu boat serta peralatan lainya dalam keadan baik," terangnya.

Dia berharap, pengecekan sarana para sarana ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka. Tetapi merupakan manifestasi kesiapan anggota Polsek dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana alam.

“Kita semua menyadari, bahwa bencana alam memang tidak dapat dihindari. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut, atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” jelasnya. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: