Istana Tak Persoalkan Jenderal Andika Hanya 1 Tahun jadi Panglima TNI

Istana Tak Persoalkan Jenderal Andika Hanya 1 Tahun jadi Panglima TNI

Radartasik.com, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa telah secara resmi diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai satu-satunya calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun. 

Namun di sisi lain, bila Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik sebagai Panglima TNI maka hanya akan menjabat selama satu tahun. Pasalnya pada 2022 mendatang menantu dari mantan kepala BIN Hendropriyono itu sudah memasuki pensiun dari militer.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengaku Presiden Jokowi tidak mempermasalahkan jika Andika hanya bisa menjabat satu tahun jadi Panglima TNI. “Ya enggak apa-apa (satu tahun jadi Panglima TNI-Red) kan tetap saja, syarat panglima TNI itu kan harus kepala staf,” ujar Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (03/11/2021).

Pratikno berharap DPR bisa merespons cepat mengenai penunjukan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI tersebut. Hal itu dilakukan lantaran Marsekal Hadi Tjahjanto akan habis masa jabatannya sebagai Panglima TNI pada November 2021 ini.

“Pemerintah bisa segera menerbitkan Keputusan Presiden dan Pak Presiden bisa segera melantik Panglima TNI yang baru, sebelum Panglima TNI yang sekarang ini berakhir masa jabatannya,” katanya.

Sementara mengenai siapa KSAD yang bakal menggantikan Andika Perkasa, Pratikno mengaku itu bisa diketahui setelah Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI. “Belum ada, nanti ada saat pergantian Panglima, pelantikan itu tentu saja harus segera pengisian KSAD yang baru,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah memasuki masa pensiun pada November 2021 ini.

“Melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” ujar Puan.

Mantan Menko PMK ini menjelaskan Presiden Jokowi hanya mengusulkan satu nama untuk menjadi Panglima TNI yakni Jenderal Andika Perkasa.

Ketua DPP PDIP tersebut mengatakan, untuk proses selanjutnya nama Andika Perkasa ini akan dibawa dalam fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayanan untuk menjadi Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam. (jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: