Nyaris Ambruk, Pemilik Rumah Diminta Mengungsi

Nyaris Ambruk, Pemilik Rumah Diminta Mengungsi

radartasik.com, CIAMIS - Rumah milik Mimi (59), warga Dusun Sindangjaya RT/RW 16/04 Desa Neglasari Kecamatan Pamarican nyaris ambruk. Bagian depan dan tengah rumah panggung tersebut sudah miring, Minggu (31/10/2021) pagi. Sehingga penghuninya diminta untuk mengungsi, karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Anggota Tagana Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi mengatakan, pihaknya dapat laporan adanya rumah yang nyaris ambruk dan membahayakan penghuninya di Dusun Sindangjaya, Pamarican.

“Saya langsung tindak lanjuti dengan ke lokasi rumah. Ternyata benar kondisi rumah panggung itu sudah lapuk dan bagian tengahnya sudah condong dan nyaris ambruk,” ujar dia kepada Radar, kemarin.

“Makanya kami sarankan kepada pemilik rumah agar mengungsi saja dulu ke saudaranya, karena kalau ada hujan terus menerus bisa kapan saja ambruk dan sangat membahayakan keselamatannya,” kata dia, menambahkan. 

Menurut dia, beberapa hari ini cuaca sudah memasuki musim penghujan. Sehingga akan sangat membahayakan bagi penghuni rumah yang kondisinya sudah lapuk, karena kapan pun bisa saja ambruk. “Beberapa hari ke belakang banyak kejadian rumah ambruk akibat hujan dengan intensitas lama, termasuk pohon tumbang yang menimpa rumah sampai ambruk. Artinya kewaspadaan harus ditingkatkan oleh masyarakat,” kata dia, menjelaskan.

“Makanya kami terus berkeliling melihat rumah yang sudah nyaris ambruk dan diimbau untuk mengungsi dulu, karena sedang musim hujan, dikhawatirkan ambruk,” kata dia, menambahkan.

Mimi, pemilik rumah mengakui bahwa kondisi rumahnya sudah lapuk bagian atapnya. Bahkan, Mimi pun sudah menyangganya menggunakan kayu supaya tidak ambruk. “Saya juga khawatir ambruk, apalagi sekarang musim hujan,” ujar dia.

“Namun saya juga bingung harus mengungsi ke mana, karena kalau pindah dulu ke rumah saudaranya takutnya merepotkan. Jadi untuk sementara saya bertahan saja dulu sambil meningkatkan kewaspadaan. Mudah-mudahan ada bantuan untuk perbaikan,” harapnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: