Kasihan! Dua Rumah Ambruk Saat Hujan Lebat

Kasihan! Dua Rumah Ambruk Saat Hujan Lebat

Radartasik.com, CIAMIS — Dua rumah di Kecamatan Pamarican dan Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis ambruk saat hujan lebat Jumat (29/10/2021). Tidak ada korban nyawa dalam musibah itu.

Rumah milik Dasiem (66) warga Dusun Tamansari Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican runtuh karena kondisi bangunan rumah sudah lapuk.

Sedangkan rumah milik Suha (50) di Dusun Pasiripis Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar roboh tertimpa pohon petai.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi menambahkan, dua hari ke belakang hujan cukup lebat dengan intensitas yang lama.

”Kami dapat laporan ada dua rumah yang ambruk karena hujan dan tertimpa pohon tumbang. Saya langsung ke lokasi, ternyata benar ada bagian dapur rumah milik Dasiem itu ambruk. Untungnya tidak sampai merembet ke bagian tengah,” paparnya.

Dia menerangkan kondisi rumah tersebut sudah lapuk karena sering bocor. Makanya, saat ada hujan lebat atapnya tidak bisa menahan beban air dan langsung ambruk.

”Atas kejadian ini kami langsung koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan logistik,” kata dia.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya menambahkan, saat ini memasuki musim penghujan, sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, terutama yang kondisi rumahnya sudah lapuk.

”Karena ketika memasuki musim hujan ini berbagai potensi bencana bisa terjadi, mulai dari banjir, luapan, retakan tanah, longsor dan angin kencang,” kata dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: