PSPPA Stikes BTH Lantik 15 Apoteker Baru

PSPPA Stikes BTH Lantik 15 Apoteker Baru

radartasik.com, TASIK — Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) STIKes Bakti Tunas Husada (BTH) Tasikmalaya meluluskan 15 apoteker baru yang siap berkontribusi untuk mewujudkan kesehatan masyarakat. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker Angkatan ke-3 tahun 2021 digelar di Favehotel Tasikmalaya, Rabu (27/10/2021).


Ketua Prodi Pendidikan Profesi Apoteker Stikes BTH Tasikmalaya Apt Nur Rahayuningsih MSi mengatakan, 15 lulusan ini menjadi apoteker baru melalui serangkaian pengujian sebelumnya yaitu Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) nasional metode CBT dan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di Stikes BTH Tasikmalaya.

“Sehingga lulusan betul-betul kompeten di bidangnya sesuai standar kompetensi apoteker Indonesia. Lulusan yang kami hasilkan akan berkontribusi terhadap kesehatan bangsa dan dapat memajukan kesehatan Indonesia di tengah pandemi,” katanya.

Harapannya lulusan PSPPA STIKes BTH Tasikmalaya bisa mewujudkan misi menjadi apoteker andal dan unggul di bidang farmasi klinis dan komunitas serta mempunyai akhlak yang mulia dalam rangka mewujudkan kesehatan bangsa Indonesia

“Di PSPPA STIKes BTH Tasikmalaya kurikulumnya lebih banyak memberikan muatan farmasi klinik dan komunitas sehingga lulusan kami dibutuhkan dunia kerja dan siap bekerja di lima lahan kefarmasian yakni apotek, rumah sakit, industri, pemerintahan dan puskesmas,” terangnya.

Lanjutnya, melonjaknya kasus Covid-19 dan munculnya berbagai variannya membuat kebutuhan obat melonjak. Profesi yang paling diandalkan adalah profesi apoteker. Namun, tak mudah mencetak mereka secara instan karena harus melalui proses pendidikan dan uji kompetensi.

Apoteker merupakan salah satu elemen penting dalam upaya pembangunan pelayanan kesehatan di Indonesia. Tanggung jawab apoteker melingkupi seluruh perbekalan farmasi, termasuk vaksin.

“Di tengah pandemi yang melanda, kebutuhan akan apoteker berkompeten menjadi kewajiban dan tantangan yang harus diselesaikan oleh sektor pendidikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, PSPPA STIKes BTH berdiri 2019, sudah ada 3 angkatan. Lulusan sudah mendapat pekerjaan di bidang kefarmasian. “Komposisi lulusan tiap angkatannya dari alumni S1 Farmasi Stikes BTH maupun kampus farmasi lainnya. Sudah banyak lulusan kami yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung,” pungkasnya. (na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: