Bangun Sinergi Tangani Narkoba

Bangun Sinergi Tangani Narkoba

radartasik.com, CIAMIS - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan) pada sektor kelembagaan yang diselenggarakan di Raflesia Ballroom Hotel Santika Tasikmalaya, Rabu (27/10/2021).


Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin SSos MSi mengatakan, pihaknya berterima kasih dan apresiasi atas kehadiran semua pihak, baik perwakilan pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan instansi terkait, ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada BNN dalam menanggulangi masalah narkoba yang saat ini sudah mengkhawatirkan semua pihak.

“Penanganan masalah narkoba tidak hanya bisa ditangani oleh BNN dan aparat hukum semata namun diperlukan keterlibatan seluruh unsur baik pemerintah, swasta hingga masyarakat luas,” ujar Engkos kepada Radar, kemarin.

“Melalui kebijakan kota tanggap ancaman narkoba diharapkan penanganan permasalahan narkoba di daerah terus digelorakan terutama pada upaya peningkatan kemampuan pencegahan terdapat daya tangkal terhadap berbagai ancaman kejahatan narkoba yang terjadi di wilayah,” kata dia, menambahkan.

Menurut dia, peningkatan kemampuan wilayah ditempuh melalui penguatan kebijakan daerah yang responsif terhadap ancaman kejahatan narkoba, pengembangan sarana atau fasilitas penanganan korban penyalahgunaan narkoba. Kemudian penataan kawasan permukiman yang sehat dan aman serta penguatan kelembagaan terhadap ancaman narkoba.

“Ketanggapan pemerintah daerah terhadap ancaman narkoba menjadi salah satu poin penting dalam melaksanakan rencana aksi nasional dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” katanya, menambahkan. 

Lanjut dia, pelaksanaannya tidak hanya tertuju pada pemberantasan narkoba saja, tetapi yang tak kalah penting adalah melaksanakan strategi mencegah penyalahgunaan narkoba yang berlangsung secara terarah, terukur dan masif.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antar unsur kelembagaan untuk mendukung kota/kabupaten tanggap ancaman narkoba,” ungkapnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis Drs Wawan Ruhiyat MM menambahkan, kesempatan ini sangat tepat sekali digelar oleh BNNK Ciamis, di mana dalam penanggulangan masalah narkoba memang tidak bisa oleh beberapa pihak saja, namun perlu adanya sinergi semua.

Wawan, menyoroti perlu adaA­nya pembahasan tentang penyusunan rancangan awal Rencana Aksi Daerah (RAD) terkait PenA­ceA­gaA­han dan Pemberantasan dan PeA­A­nyaA­lahgunaan dan PerA­edaA­A­ran Gelap Narkotika dan PreA­kurA­A­sor Narkotika (P4GNPN).

“PelakA­sanaan program P4GN khuA­susnya di wilayah Kabupaten Ciamis diharapkan mendapat perhatian dan peran aktif dari seluruh stakeA­holder guna meA­wujudkan KaA­buA­paten Ciamis yang Bersih NarA­koba,” pungkas Wawan. (isr/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: