Merdeka Belajar Beri Ruang Inovasi Bagi Jenjang SD

Merdeka Belajar Beri Ruang Inovasi Bagi Jenjang SD

Radartasik.com, JAKARTA — Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan, bahwa kebijakan Merdeka Belajar membuka ruang inovasi bagi  setiap satuan pendidikan. Termasuk, untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).

“Merdeka Belajar ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk memberi ruang, dan memberikan kesempatan untuk berinovasi bagi sekolah dasar,” kata Analis kebikakan ahli madya Direktorat Pendidikan Dasar Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Eko Warisdiono, Selasa (26/10/2021).

Eko menilai, bahwa jika semua kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan proses pendidikan di SD dapat didukung lewat Merdeka Belajar. Menurutnya, konsep Merdeka Belajar menjadi jalan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Pengembangan pendidikan di SD kita ini menjadi berkesinambungan dan berjalan untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Eko menuturkan, kebijakan Merdeka Belajar sangat adaptif dengan kondisi perubahan zaman yang cepat. Terlebih, ia melihat, Merdeka Belajar sangat fundamental dalam sistem pendidikan di Tanah Air.

“Merdeka Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk memiliki caranya sendiri dalam menyelenggarakan pendidikan. Lewat kebijakan ini, pemerintah memahami jika tantangan satu sekolah dengan sekolah lain bisa saja berbeda,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: