Petani Lokal Baru Penuhi 40% Kebutuhan Ikan Konsumsi

Petani Lokal Baru Penuhi 40% Kebutuhan Ikan Konsumsi

Radartasik.com, KOTA TASIK — Petani ikan lokal baru mampu memenuhi permintaan ikan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kota Tasikmalaya sekitar 40 persen.

Sisanya? Menurut dia, sekitar 60 persen masih mengandalkan pasokan dari luar daerah Kota Tasikmalaya. Seperti dari Waduk Jati luhur, Kuningan dan Cirata.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DK3P) Kota Tasikmalaya Adang Mulyana kepada radartasik.com, Selasa (26/10/2021).

Dengan demikian, sambung dia, pasar ikan di Kota Tasikmalaya masih cukup besar.

Sedangkan untuk benih ikan saat ini sudah ada peternaknya di Kota Tasik. Mereka bergerak secara swadaya. Produksinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan budi daya.

”Bahkan, kita sudah memiliki balai benih. Insya Allah aman tersedia kalau benih ikan mah,” tambah Kepala Bidang Perikanan DKP3 Pria Hayatin Nufus saat mendampingi Adang Mulyana.

Saat ini pihaknya akan terus mengoptimalkan dari sisi pembenihan dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan.

Selain bisa melahirkan bibit unggul, harap dia, optimalisasi balai benih ikan bisa meningkatkan animo masyarakat untuk budi daya ikan untuk kebutuhan konsumsi. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: