Siswa SMK Manangga Dibekali Jiwa Kepemimpinan

Siswa SMK Manangga Dibekali Jiwa Kepemimpinan

Radartasik.com, KOTA TASIK — Jiwa kepemimpinan penting dimiliki generasi muda. Jiwa leadership ini mesti diterapkan sejak dini di kehidupan sehari-hari. Manfaatnya bisa membentuk pribadi yang berkarakter mandiri, produktif, kreatif, berjiwa sosial dan berkolaborasi.

Untuk membekali siswanya dengan jiwa kepemimpinan, SMK Manangga Pratama Tasikmalaya mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) selama dua hari (Jumat-Sabtu, 22-23/10/2021).

”Kita menyelenggarakan LDKS tujuannya membentuk generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan yang lebih bertanggung jawab dan kreatif,” kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Manangga Pratama Tasikmalaya An'an Budiana MPdI kepada Radar, Sabtu (23/10/2021).

Ia menyebutkan, dari 86 siswa kelas X dan XI SMK Manangga Pratama yang mengikuti LDKS mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya kepemimpinan, kebangsaan, jurnalistik dan asah mental.

”Dengan gemblengan ini, berharap mencetak generasi muda yang memiliki nilai-nilai kebangsaan dan produktif,” ujarnya.

Selain itu, dengan terselenggaranya LDKS mampu mencari calon pemimpin berpotensi mengelola organisasi kesiswaan dengan baik.

”Di sekolah kami, siswa yang ingin masuk OSIS atau MPK syarat utama harus mengikuti LDKS, baru boleh mencalonkan menjadi ketua atau anggota. Berharap hasil LDKS ini ada setengahnya bisa masuk ke organisasi kesiswaan,” katanya.

Ketua OSIS SMK Manangga Pratama Tasikmalaya David Anugrah menjelaskan LDKS ini banyak manfaatnya untuk siswa.

Salah satunya, peserta ini bisa menjabat di organisasi kesiswaan dan dapat berkontribusi untuk sekolah. Artinya bisa memiliki dedikasi yang tinggi dan memberikan contoh baik di sekolah.

”Dengan begitu memberikan citra baik dan prestasi untuk sekolah,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: