RS Permata Bunda Ciamis Catatkan Kenaikan Kasus DBD

RS Permata Bunda Ciamis Catatkan Kenaikan Kasus DBD

Radartasik.com, CIAMIS — Rumah Sakit (RS) Permata Bunda Ciamis mencatat selama bulan Oktober ada 11 kasus demam berdarah dengue (DBD). Sebulan ke belakang hanya ada dua atau tiga pasien.

Kartika, dokter di RS Permata Bunda Ciamis, mengatakan, di musim hujan seperti sekarang ini kasus DBD mengalami peningkatan. Orang yang terserang kebanyakan dewasa dan anak muda.

Keluhannya, kata dia, beragam. Ada yang lemas saja, demam tidak ada. Ada yang pegal-pegal. ”Kalau bintik-bintik tidak. Jadi, kalau bintik-bintik jarang sekali saat ini,” jelasnya.

Lanjutnya, penyebab trombosit turun itu karena memang mereka lambat membawa ke dokter, memilih diobati di rumah. ”Saya sarankan kalau memang keluhannya sakit alangkah baiknya periksa ke dokter, sebelum trombositnya turun,” tuturnya Jumat (22/10/2021).

Yosep, orang tua Keysa Nada (15), pasien yang dirawat di RS Permata Bunda, mengatakan awalnya sekitar dua harian anaknya demam, lemas, terus muntah muntah. Tadi keluar bintik merah. Ia pun langsung membawa anaknya ke RS Permata Bunda Ciamis, ternyata terkena penyakit DBD.

Kata Yosep, memang cuaca seperti saat ini rentan penyakit DBD. ”Saya tanya-tanya di rumah sakit ternyata benar banyak yang kena DBD juga,” pungkas dia. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: