Ular Sanca 6 Meter, Bobot 6 Kilo, Ditangkap Tim Ronda Malam

Ular Sanca 6 Meter, Bobot 6 Kilo, Ditangkap Tim Ronda Malam

Radartasik.com, CIANJUR — Warga yang sedang ronda malam di Kampung Margaluyu RT 001 RW 015 Kelurahan Muka Kecamatan Cianjur menangkap ular sanca kembang panjang 6 meter dan berbobot 6 kilogram.

Ular ditemukan di sekitar selokan pemukiman warga, Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 01.00 WIB. Diperkirakan ular tersebut datang melalui aliran Sungai Cimenteng untuk mencari makan di sekitar selokan pemukiman warga.

Ketua RW 001 Hj Neti mengatakan awal mula ditemukannya ular sanca ketika masyarakat tengah melakukan ronda keliling di malam hari. ”Ditemukan oleh empat orang warga yang sedang melakukan aktivitas ronda keliling,” katanya.

Warga melihat ular tersebut tengah meliuk-liuk, sehingga yang ronda pun ramai-ramai menangkapnya. ”Kelihatannya di selokan, ular itu mau nyebrang langsung ditangkap warga dengan alat bambu dan tali rapia, ukurannya 6 meter, untuk berat belum ditimbang,” ungkapnya.
 
Neti menjelaskan, banyaknya tikus di selokan sekitar pemukiman menjadi penyebab datangnya ular sanca. ”Jadi kan di selokan itu banyak tikus-tikus besar, mungkin saja mengundang datangnya ular. Karena untuk makannya ular tersebut,” paparnya.

Inay Inayat, Danru 1 Damkar Cianjur, mengatakan, tertangkapnya ular tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat. ”Ular itu sudah ditangkap dan berhasil diamankan berkat kesigapan masyarakat Kampung Margaluyu,” terang Inay.

Inay mengimbau warga harus sigap dan cepat menghubungi pihak Damkar jika menemukan kembali ular. ”Selanjutnya ular sanca yang ditangkap warga akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cianjur untuk dirawat,” pungkasnya. (byu/radarsukabumi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: