Pemdes Karangsembung Perbaiki Jembatan

Pemdes Karangsembung Perbaiki Jembatan

radartasik.com, JAMANIS - Jembatan yang menghubungkan Kampung Timbulsari dan Kampung Cihambirung Desa Karangsembung Kecamatan Jamanis diperbaiki, Jumat (22/10/2021). Sebelumnya kondisinya jembatan tersebut mengkhawatirkan dan sering ada warga yang terjatuh.


Darman (49), warga sekitar jembatan mengatakan, jembatan itu memang sudah lama rusak dan banyak memakan korban, mulai dari yang terjatuh ke lubang yang ada di jembatan dan lainnya.

“Alhamdulillah sekarang pemerintah desa sedang memperbaikinya. Jembatan itu merupakan salah satu akses utama warga Desa Karangsembung. Akibat amblasnya jembatan itu, dulu warga yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat harus memutar arah ke jalan lain untuk kembali ke rumahnya atau ketika akan bepergian,” ujarnya kepada Radar, Jumat (22/10/2021).

Kata dia, jarak memutar menuju Kampung Cihambirung itu harus melewati kurang lebih satu kilometer. Jembatan itu banyak dilalui oleh warga. Dulu ketika sekolah masih dibuka, anak-anak siswa jalan kaki melalui jembatan tersebut.

“Warga yang rumahnya berada di dekat jembatan tersebut pun harus memutar arah ketika akan bepergian. Biasanya hanya memakan waktu sebentar, ketika jembatan tidak bisa dilewati memakan waktu cukup lama,” kata dia.

Warga lainnya, Junadi (53) mengatakan jembatan ini adalah akses yang sangat diperlukan masyarakat untuk mempermudah aktivitas warga. “Jika lama diperbaiki, bisa saja membahayakan keselamatan warga yang melintasi jembatan tersebut. Saya bersyukur sekarang sudah mulai diperbaiki, jadi warga nanti bisa lewat jalan ini lagi,” ucapnya.

Kepala Desa Karangsembung Yono Jaya Pranomo menyebutkan, pembangunam jembatan beton bersumber dari Dana Desa tahap 2. “Anggaran yang diserap untuk pembangunan jembatan tersebut sebesar Rp 274.000.000 dengan volume 15x6x4 meter,” kata dia.

Yono menyebutkan, pembangunan jembatan dengan nilai ratusan juta tersebut menjadi prioritas utama perencanaan dana desa tahun 2021. Hal ini untuk menjawab kebutuhan warga. Selain melayani kebutuhan anak sekolah, jembatan tersebut sebagai penghubung akses ekonomi warga.

Yono berharap dengan sarana jembatan yang telah diperbaiki lagi tersebut dapat meningkatkan perekonomian, memperlancar aktivitas masyarakat.

“Pembangunan insfratuktur yang menggunakan anggaran dana desa tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat yang kemudian dibahas dalam musrenbang tingkat desa,” ujar dia, menjelaskan. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: