Jokowi: Lulusan Santri Bukan Cari Kerja, Tapi Ciptakan Pekerjaan

Jokowi: Lulusan Santri Bukan Cari Kerja, Tapi Ciptakan Pekerjaan

Radartasik.com — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang, seharusnya orientasi kalangan santri dan lulusan pesantren bukan lagi mencari pekerjaan. Namun, menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Menurutnya, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai organisasi keumatan dapat menciptakan banyak pengusaha dan wirausaha mudah dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Sehingga ekonomi umat secara langsung dapat melahirkan lebih banyak wirausaha dari kalangan santri.

“Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat,” ujarnya secara virtual, Jumat (22/10).

Jokowi melanjutkan, peran pendidikan pesantren hingga perguruan tinggi agama Islam sebenarnya memiliki peran strategis mencetak lulusan yang inovatif. Bahkan, dapat menciptakan wirausaha sukses.

Jokowi menekankan, semangat entrepreneurship yang mulai tumbuh harus diikuti percepatan inklusif keuangan. Dukungan akses pembiayaan ini sangat penting bagi tumbuhnya entrepreneur-entrepreneur baru.

Dengan demikian, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema, baik berupa program Mekaar, program KUR, kemudian bank wakaf mikro. Ia berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik. “Sehingga pesantren dan para santri dapat semakin berperan dalam memperkuat ekonomi umat,” ucapnya.

Jokowi menambahkan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal dunia. Jokowi bilang, perkembangan ekonomi syariah Indonesia sendiri cukup pesat.

Berdasarkan, The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah berada di peringkat 10 dunia di tahun 2018. Di tahun 2020, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 4 dunia.

“Kita tidak boleh berpuas diri. Perlu ada upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah kita tumbuh lebih pesat lagi. Dan itulah peran penting yang harus dimainkan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah,” pungkasnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: