Umtas Cetak Lulusan Unggul dan Islami

Umtas Cetak Lulusan Unggul dan Islami

radartasik.com, TASIK - Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) melantik 291 wisudawan untuk program diploma dan sarjana pada Sidang Terbuka Senat Wisuda ke-VII Umtas di Graha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Kamis (21/10/2021).


Umtas telah meluluskan wisudawan terbaik dari program studi yang dimiliki, seperti Zulfa Azkiyatul Ulya SPd dengan IPK 3,88 dan Utari Nur Ambiya SPd dengan IPK 3,86 dan lainnya. Dengan begitu bisa menghasilkan generasi lulusan yang unggul dan Islami menuju Indonesia berkemajuan.

Rektor Umtas Dr Ahmad Qonit AD MA memotivasi lulusan Umtas agar memiliki kualitas kepribadian unggul dan memiliki karakter sebagai pembelajar yang tangguh, cerdas, lincah dan gesit. Tentunya dengan senantiasa mau meng-upgrade pengetahuan dan keterampilan agar meraih pengetahuan dan pengalaman berkelanjutan di dalam keadaan apapun.

“Oleh karenanya, para wisudawan harus memiliki kepekaan, kekuatan kemauan yang tinggi, memiliki mindset unggul serta selalu berorientasi ke masa depan dan mau berkolaborasi,” katanya kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Dengan begitu, diharapkan Umtas mencetak generasi lulusan yang unggul dan Islami menuju Indonesia berkemajuan.

Ia mengingatkan kepada para wisudawan bahwa saat ini kita dihadapkan pada suatu era ketidakpastian, yaitu era yang penuh dengan guncangan, segala kerumitan, kebingungan atau kebimbangan.

Hal ini adalah dampak yang tidak bisa dihindarkan dari perubahan iklim atau climate change, revolusi industri 4.0 dan ditambah dengan pandemi Covid-19.

“Setiap zaman selalu dihadapkan pada tantangan, kita semua dituntut untuk merespons keadaan ini dengan cara pandang yang berbeda dengan era sebelumnya. Artinya kita mau belajar agar selalu bersikap terbuka untuk menerima perubahan,” katanya.

Selain itu, ia pun berpesan agar ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki harus dimanfaatkan. Artinya para alumni Umtas harus bisa menginspirasi masyarakat untuk menggerakkan ke arah kemajuan.

“Agar menjadi sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi manusia,” ujarnya.

Perwakilan Wisudawan Umtas Zulfa Azkiyatul Ulya SPd mengajak lulusan Umtas lainnya untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Caranya dengan mewujudkan langkah nyata untuk membangun kemajuan.

“Gelar yang disematkan kepada kita harus di pertanggung jawabkan dengan perjuangan untuk membangun masyarakat yang berkemajuan,” katanya.

Untuk itu, para alumni Umtas saat di masyarakat harus berfikir kritis, inovatif dan berkemajuan dengan ditopang mental dan spiritual yang kuat. Itu untuk menghadapi tantangan atau perubahan di era globalisasi ini. “Dengan begitu dapat beradaptasi dan bersaing dengan kondisi yang begitu cepat ini,” ujarnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: