106 Rumah Rusak Disapu Puting Beliung

106 Rumah Rusak Disapu Puting Beliung

Radartasi.com - Angin kencang menerjang sebagian wilayah Kudus, terutama di Kecamatan Undaan, Kudus, Kamis (21/10). Akibatnya, 106 rumah mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Kejadian itu berlangsung sore tadi sekitar 15.45 -16.00. Setidaknya ada 4 desa di Kecamatan Undaan yang dilalui angin ribut itu. Keempatnya yakni Desa Glagahwaru, Medini, Lambangan, dan Kalirejo.

Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo menyebut angin kencang itu disertai hujan deras. Sebagian rumah mengalami kerusakan di bagian atap rumah dari kategori ringan, sedang, sampai berat. Budi memaparkan, untuk Desa Glagahwaru ada 82 kerusakan rumah. Itu tersebar di lima RW. Dari RW 1 sampai RW 5. Di Desa Medini, total ada dua rumah. Yakni di RT 07/04.

"Sementara untuk Desa Lambangan ada tiga rumah yang mengalami kerusakan. Yakni dua rumah di RT.06/01 dan satu rumah di RT.02/01," terangnya.

Sementara satu desa lain yang juga diterjang angin puting beliung itu yakni di Desa Kalirejo. Kondisinya juga cukup parah. Ada19 rumah yang mengalami kerusakan, semuanya berada di RT 04/03.

"Atas kejadian itu sudah ada penanganan darurat. Warga gotong-royong. Namun karena menjelang malam, penanganan darurat pembenahan genteng warga akan dilanjutkan karyabakti bersama TNI/Polri, warga serta relawan pada esok hari (Jumat, 22/10) pukul. 08.00," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi Waluyo menambahkan, untuk kebutuhan perbaikan dibutuhkan genteng, galvalum, esbes, hingga papan sekat. "Termasuk logistik kedaruratan seperti paket sandang, kesehatan, tikar, beras, dan kebutuhan pokok lainnya," tukasnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: