6.000 Siswa SD Se-Kota Tasik Ikuti Simulasi ANBK

6.000 Siswa SD Se-Kota Tasik Ikuti Simulasi ANBK

radartasik.com, TASIK - Sekitar 6.000 siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Tasikmalaya mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sejak 18-19 Oktober. Kegiatan tersebut berjalan lancar.


“Ada sebanyak 230 SD Se-Kota Tasikmalaya yang mengikuti simulasi ANBK, pada umumnya berjalan lancar,” kata Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Agus Permana SPd MM kepada Radar, Selasa (19/10/2021).

Lanjutnya, jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti ANBK sekitar 6.000 orang, dengan rata-rata 35 siswa per sekolah, namun ketika satu kelasnya 32 siswa atau adanya 28 siswa berarti mengikuti semuanya.

Semua itu, berdasarkan sampel SD yang ia kunjungi, yaitu SDN Mancogeh, SDN Nagarasari, SDN Karangsambung, SDN Cibeureum, SDN Mugarsari, SD IT Al Istiqomah Hj Aminah dan SDN Sambongjaya.

Oleh karenanya ia pun tetap memberikan penguatan kepada sekolah. Dengan pesan agar sekolah harus memberikan penguatan psikologis kepada siswa. “Tujuannya agar siswa bisa mengerjakan sesuai kemampuannya. Dengan begitu dapat menggambarkan profil sekolah,” katanya.

Kemudian, sekolah bisa memberikan pembiasaan kepada siswa SD agar memiliki literasi digital. Salah satunya sekolah bisa memberikan kesempatan mereka bisa terbiasa menggunakan komputer atau laptop.

“Kalau dibiasakan tentu siswa bisa menggunakan komputer atau laptop tersebut,” ujarnya.

Lalu, sekolah terus memberikan bekal literasi yang cukup kepada siswa. Sebab soal ANBK terdiri dari literasi, numerasi dan survei karakter, itu memerlukan detail bacaan untuk mencapai penalaran siswa tersebut.

“Tingkatkan literasi anak agar mau membaca. Sebab dengan soal ANBK sekarang, kalau anak kurang literasi agak berat,” katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Mohammad Dani SPd MM membenarkan, dari jenjang SD Se-Kota Tasikmalaya serentak melakukan simulasi ANBK. Itu dari jadwal dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

“Hampir semua SD di Kota Tasikmalaya menyelenggarakan ANBK dengan kriteria ada yang mandiri atau menumpang,” ujarnya.

Kepala SD IT Al Istiqomah Hj Aminah Kota Tasikmalaya Kepala Noer Sofiyan JJ El Sudana AmdKeu SPdI menyampaikan, setelah mendapatkan bantuan sejumlah 28 unit komputer dan memiliki jaringan internet 20 Mbps dari Yayasan Al Istiqomah Hj Aminah, SD IT Al Istiqomah Hj Aminah kini mempunyai ruang laboratorium komputer yang representatif. Dengan begitu bisa menyelenggarakan simulasi ANBK dengan lancar dan sebagai sarana pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Alhamdulillah dengan semi online, 32 siswa mengikuti simulasi ANBK dengan mudah dan lancar,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: