Damkar Evakuasi Ular dan Kucing

Damkar Evakuasi Ular dan Kucing

radartasik.com, CIAMIS - Ular dan kucing dievakusi oleh Tim Pemadam Kebakaran Ciamis, Selasa (19/10) pagi. Ular di Kecamatan Ciamis masuk rumah, sementara di Cisaga kucing peliharaan warga masuk sumur.


Kepala UPT Damkar Ciamis Wawan membenarkan adanya dua laporan masyarakat yang meminta untuk evakuasi. Laporan pertama dari Dedi (56) warga Lingkungan Pereng RT001/008 Kelurahan Benteng, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

“Laporan yang masuk adalah ulah king cobra masuk rumah, hingga warga kaget dan meminta pertolongan kami,” jelasnya.

Kronologisnya, kata Wawan, awal mula ular diketahui oleh pemilik rumah. Ketika berada di luar rumah terlihat ular melintas jalan dan langsung masuk ke dapur rumah. Karena takut dan tidak ada yang berani menangkap ular tersebut, maka warga lapor ke damkar.

“Upaya kami pun berhasil menangkap ular tersebut,” jelasnya.

Laporan kedua, sambungnya, Puspa Anggraeni (40) warga Dusun Bantardawa 2 RT 002/008 Desa Karyamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Berdasarkan keterangan Puspa, selama 7 hari ia resah karena kucing kesayangannya belum pulang. Puspa mendapat informasi dari warga sekitar mendengar suara kucing di dalam sumur milik warga yang berjarak 100 meter dari rumah. Diameter sumur 1 meter kedalaman sekitar 17 meter ke dasar sumur yang sudah mengering.

“Sempat melakukan evakuasi sendiri namun tidak membuahkan hasil, dikarenakan takut kucing itu mati di dalam sumur, maka Ibu Puspa pun melapor ke Pos WMK Rancah untuk meminta bantuan evakuasi,” jelasnya. Pihaknya berhasil mengevakuasi kucing dengan selamat.

Ia mengatakan, bila ada yang hal yang sifatnya perlu dievakuasi tim pemadam kebakaran siap turun. “Silahkan lapor kepada kami dan kami akan cepat ke lokasi,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Dedi menjelaskan, saat itu ketika di luar rumah melihat ada ular masuk rumah. Jelas ia takut serta khawatir ularnya mematuk ketika anggota keluarganya ketika tidur. Warga sekitar juga tidak ada yang berani menangkapnya, makanya ia langsung menghubungi Pemadam Kebakaran Ciamis.

“Beruntung tim Damkar datang dan bisa menangkap ular tersebut, hingga saya pun tenang kalau mau tidur dan aktivitas di rumah,” pungkasnya. (isr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: