Kepala Toko Indomaret: Pembobol ATM BCA Ada 2 Orang

Kepala Toko Indomaret: Pembobol ATM BCA Ada 2 Orang

radartasik.com, KOTA TASIK — Aksi pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terjadi di dalam area minimarket Indomaret di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Senin (18/10/21) dini hari.

Aksi pembobol ini terekam kamera CCTV (Closed Circuit Television) yang terpasang di dalam toko. Saat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota, terdapat lebih dari 3 kamera pengintai di lokasi kejadian.

Kepala Toko Indomaret Jalan Perintis Kemerdekaan, Dina Nurfadilah mengatakan, pencuri masuk ke tokonya setelah menjebol plafon di depan pintu gudang. Pelaku menuju mesin ATM yang berada di bagian depan. 

“Maling masuk dari atap. Atap depan pintu gudang dijebol. Aksinya terekam CCTV. Yang saya lihat di CCTV ada 2 orang. Saya tak lihat apakah di depan area parkir toko ada kendaraan pencuri atau tidak,” katanya kepada radartasik.com. 

“Karena di CCTV terlihat pelaku langsung membobol dari atap. Saya tak tahu ada barang lain di toko yang hilang karena masih proses audit. Kalau mesin ATM yang pasti sudah dibobol,” sambungnya.

Dirinya baru mengatahui tokonya dibobol maling saat salah seorang karyawan memberi kabar melalui ponselnya sekira pukul 05.30 WIB. Lalu pukul 06.00 WIB dirinya tiba di lokasi kejadian dan melihat mesin ATM sudah dibobol. 

“Saya sekitar jam 05.30 WIB ditelepon sama personel saya yang masuk pagi, katanya ada pembobolan. Yang menelepon namanya Deris, lalu personel saya satunya lagi menelepon ke bagian AS. Lalu saya datang ke lokasi jam 06.00 WIB dan melihat mesin ATM sudah dibobol dan ada barang bukti seperti gas 3 kilogram dan linggis ada di dekat mesin,” ulasnya.

Seperti diketahui, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Central Asia (BCA) di Indomaret Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya dibobol maling, Senin (18/10/2021) dini hari. 

Total kerugian akibat pembobolan ini ditaksir Rp236 juta. Dengan rincian, uang cash rupiah pecahan 50.000 yang dicuri Rp136 juta dan harga mesin ATM yang dirusak Rp100 juta. 

Informasi yang dihimpun Radartasik.com, awalnya Deris Ferbiansyah, seorang karyawan Indomaret, membuka kunci rolling door. Ketika masuk, ia melihat mesin ATM dalam keadaan terbuka. 

”Saya kaget pas sudah buka pintu gerbang dan pintu kaca, ternyata pintu mesin ATM terbuka,” ujar dia kepada radartasik.com di lokasi kejadian. 

Dirinya tiba di tempat kerja sekitar pukul 05.30 WIB. ”Tadi saya lihat belakang toko atapnya jebol. Saya langsung lapor atasan dan atasan yang menghubungi pihak kepolisian,” terangnya. 

Unit Identifikasi Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota dan Polsek Mangkubumi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Di lokasi, polisi mendapati uang pecahan Rp50 ribu yang berceceran di lantai minimarket dan bagian belakang minimarket berupa kebun. 

Di pinggir mesin itu terdapat tabung gas warna putih yang diduga digunakan pelaku untuk membuka brankas mesin ATM. Aksi pelaku terekam kamera CCTV (closed circuit television).  

Kasatreskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Agung Tri Poerbowo membenarkan adanya pembobolan ATM. 

”Ya benar ada pembobolan ATM. Kita amankan barang bukti tabung las dan lainnya. Pelaku masuk dari atap minimarket. Uang yang hilang Rp136 juta,” tuturnya. Dia menduga pelaku masuk dari atap minimarket dengan cara membongkar genting lalu memukul eternit menggunakan tabung gas. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: